Yuk, Lakukan 6 Tips Sehat Musim Dingin Ini Sebelum Main Salju!

Teman Sehat, bagi orang-orang yang tinggal di negara 4 musim, saat ini mereka sedang menghadapi winter alias musim dingin. Mungkin banyak di antara kita yang bertanya-tanya, sedingin apa sih winter itu? Gimana caranya supaya sehat selama masa-masa dingin itu? Yuk, coba simak 6 tips sehat musim dingin ini, barangkali sebentar lagi kamu akan berangkat ke luar negeri dan segera main salju.

Sedingin apa sih winter itu?

Di United Kingdom, winter terdingin pernah mencapai -20o Celcius pada tahun 1963. Kondisi itu diikuti dengan padai salju, gundukan salju yang dalam, hingga laut yang membeku di sekitar pesisir pantai. Rata-rata suhu selama musim dingin di United Kingdom adalah 3,7o Celcius. Berbeda lagi dengan di Amerika Serikat dan Polandia yang suhunya mencapai minus belasan derajat Celcius. Kebayang betapa dinginnya ngga, Teman Sehat?

Gizi memainkan peran penting selama masa-masa ini, buat memastikan bahwa kamu tetap berada dalam kondisi sehat.

Asupan gizi yang baik bisa membantu kamu dalam 2 cara selama melawan musim dingin: membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah kamu sakit dan mempercepat proses pemulihan ketika kamu sakit. Inilah 6 tips sehat selama musim dingin.

1. Tingkatkan konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bisa bantu tingkatkan imunitas. Buah apricots, alpukat, blackberries, blackurrants, blueberries, boyenberries, kiwi, jeruk, apel, raspberries, stroberi, semangka, asparagus, buncis, terong, kapri, dan brokoli adalah beberapa contoh buah dan sayur yang tersedia selama musim ini. Membuat sup selama musim dingin juga sangat dianjurkan. Ngga perlu ribet, cukup dengan banyak sayuran, beberapa kacang-kacangan, dan mungkin daging, cukup buat menghangatkan diri sekaligus menambah asupan gizi selama musim dingin.

2. Minum air putih yang banyak

Walaupun suhu di luar sangat dingin, kamu harus tetap meminum 6-8 gelas cairan, terutama air putih, setiap hari. Ketika musim dingin, kamu ngga akan merasa ‘kehausan’ seperti musim panas, tapi kamu harus tetap terhidrasi karena dehidrasi ringan akan menyebabkan kurangnya konsentrasi. Cara gampang agar kamu tetap terhidrasi adalah dengan memasang alarm minum setiap 1-2 jam sekali.

3. Tambahkan bawang putih

Selain sebagai peningkat cita rasa masakan, bawang putih juga mengandung zat aktif yang bernama allicin ketika bawang putih dihancurkan/di-‘geprek’. Zat ini mengandung sulfur, yang memberikan aroma dan rasa khas bawang putih. Zat aktif ini bersifat tidak stabil, sehingga langsung berubah menjadi zat lain yang mengandung sulfur yang bisa meningkatkan respon sel darah putih tertentu dalam melawan penyakit, seperti virus penyebab flu. Agar menghasilkan dampak optimal, jangan langsung memasak bawang putih setelah dipotong. Tunggulah 10-15 menit untuk mencegah hilangnya zat aktif ini.

4. Pilih makanan sumber vitamin D

Selama musim dingin, sinar matahari pasti ngga sebanyak musim lain, padahal sinar matahari pagi sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan menjadi sumber utama vitamin D selama musim dingin. Sumber-sumber vitamin D adalah ikan dan minyak ikan, serta susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt.

5. Tetaplah aktif bergerak

Saat musim dingin, kurang memungkinkan untuk lari pagi keliling kompleks atau lapangan outdoor kan, Teman Sehat? Selain jalan yang licin, angin yang menghembus ke wajah dan belum lagi salju yang turun akan super dingin buat tubuh kita. Buat mengakalinya, carilah fasilitas olahraga indoor, olahraga di dalam rumah, dan tingkatkan aktivitas fisik insidental, misalnya dengan memilih naik tangga dibandingkan lift. Perbanyak juga sosialisasi dengan teman-teman agar kamu bisa berjalan keluar rumah.

6. Perhatikan porsi makan

Saat musim dingin, apalagi kalau sebagian besar waktu dihabiskan di dalam ruangan, pasti mengemil dan makan berlebih adalah hal yang sangat menggoda buat dilakukan. Nah, tips buat menghindari godaan makan terlalu banyak adalah dengan menjaga waktu makan yaitu 3 kali makan besar dan 2 kali waktu camilan, selalu makan di meja makan, matikan TV ketika makan, gunakan piring dengan ukuran lebih kecil, dan isilah setengah piring makanmu dengan sayuran sebelum mengisinya dengan yang lain ketika malam hari. Ide camilan yang bisa kamu makan selama musim dingin adalah semangkuk sup sayuran yang hangat dan buah-buahan potong, atau buah yang dicampur dengan yoghurt.

Nah, itulah 6 tips sehat musim dingin yang harus kamu perhatikan selama musim dingin agar tetap sehat dan fit. Jadi, udah siap buat main salju?

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *