Yuk Mulai Perhatikan Kesehatan Mata Kita!

Halo Teman Sehat! Mata adalah jendela dunia, dengan mata kita bisa menikmati segala ciptaan Tuhan. Tapi, pernah ngga Teman Sehat memperhatikan kesehatan mata secara detail? Kebanyakan dari kita sering kali kurang memperhatikan kesehatan mata kita.  Terlepas dari faktor genetik yang menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena mata minus atau plus, sebenarnya kita bisa menjaga kesehatan mata kita dengan berbagai cara.

Yuk, mulai jaga kesehatan mata dengan memperhatikan beberapa hal berikut!

1. Makanan yang baik buat mata

Kiprah wortel sebagai salah satu makanan sehat buat mata udah ngga diragukan lagi. Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, ngga hanya wortel ya Teman Sehat! Memakan berbagai sayur dan buah yang berwarna-warni juga penting untuk menjaga kesehatan indera penglihatan ini. Penelitian juga membuktikan membuktikan bahwa konsumsi berbagai jenis ikan yang kaya akan omega-3 juga bagus loh buat kesehatan mata!

Baca juga : 8 Makanan dan Minuman untuk Senyum yang Lebih Cemerlang

2. Perhatikan berat badan

Kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, dan penyakit sistemik lainnya. Diabetes tingkat lanjut memiliki risiko untuk terjadinya glukoma bahkan kebutaan. Selain itu, hipertensi yang berkelanjutan juga membahayakan indra penglihatan.

3. Istirahatkan mata

Siapa yang ngga bisa lepas dari yang namanya gadget? Saat mengerjakan sesuatu dengan komputer atau handphone terkadang kita terlalu fokus sehingga lupa berkedip. Ini berdampak buruk loh buat mata! Nah, Teman Sehat bisa mencoba trik 20-20-20, caranya: setelah 20 menit, alihkan pandangan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Cara ini bisa membantu menghilangkan ketegangan pada mata. Selain itu, memejamkan mata selama beberapa saat juga bisa membantu menghilangkan ketegangan pada mata. Selamat mencoba!

4. Jaga kebersihan

Bila Teman Sehat termasuk pengguna soft lens atau lensa kontak, sangatlah penting buat menjaga kebersihan lensa kontak sesuai petunjuk yang ada. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menggunakannya untuk menghindari  terjadinya infeksi.

5. Periksakan kesehatan mata secara rutin

Kebanyakan orang sering ngga sadar akan penurunan fungsi pada matanya. Saat kita merasa masih bisa melihat dengan jelas, maka kita cenderung acuh dengan kesehatan mata. Faktanya, kita perlu untuk memeriksakan kesehatan mata secara rutin. Terutama pada penderita penyakit seperrti diabetes dan hipertensi. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi lebih dini apabila ada gangguan pada mata.

Baca juga : Ingin Mata Sehat? Yuk Hindari 7 Kebiasaan Sepele Ini!

6. Periksa riwayat kesehatan mata keluarga

Tidak dapat dipungkiri, beberapa kecacatan pada mata disebabkan oleh faktor genetik. Seperti pada anak yang kedua orang tuanya menggunakan kaca maa, maka anaknya cenderung akan mengalami masalah yang sama. Untuk itu, penting untuk mengetahui kondisi kesehatan mata keluarga, agar bisa dilakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi penurunan fungsi pada mata.

7. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa berakibat buruk bagi kesehatan mata, seperti meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami katarak, kerusakan saraf mata, dan penurunan kemampuan otot mata. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan kebutaan.

8. Gunakan kacamata hitam

Kaca mata hitam ngga hanya berguna buat bergaya ya Teman Sehat. Kaca mata tipe ini bisa menjadi pelindung mata dari sinar ultraviolet. Saat membeli kaca mata hitam, sebaiknya pilih yang dapat melindungi kita dari radiasi sinar UV-A dan UV-B.

Nah, itulah tips-tips yang bisa Teman Sehat terapkan untuk menjaga kesehatan mata. Yuk mulai rawat dan perhatikan kesehatan mata kita agar tetap bisa melihat indahnya dunia!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *