Yuk Rutin Konsumsi Serat untuk Memperoleh 3 Manfaat Dahsyat!

Halo Teman Sehat! Kamu mungkin pernah mengalami sulit buang air besar dan mengatasinya dengan mengonsumsi obat laxatives agar BAB kembali lancar. Tapi ternyata hal ini bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat loh! Kok bisa? Yuk kita bahas!

Serat merupakan salah satu karbohidrat kompleks yang terbentuk dari gabungan beberapa karbohidrat sederhana. Serat tidak dapat dicerna oleh manusia, sehingga serat dapat bergerak leluasa di saluran pencernaan dan akan dikeluarkan saat kita buang air besar

Serat kerap disebut sebagai zat non gizi loh, karena pada dasarnya serat bukan merupakan kebutuhan utama bagi tubuh. Tapi, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan tubuh jika rutin mengonsumsi serat.

1. Manfaat bagi saluran pencernaan

Makanan yang mengandung serat dapat mempengaruhi sistem pencernaan kita. Komponen serat yang tidak larut (insoluble fiber) yang terkandung di dalam makanan akan menarik air dan zat sisa lain, kemudian akan membentuk gumpalan yang akan memberikan tekanan pada dinding saluran cerna, sehingga merangsang otot saluran cerna untuk mendorong zat sisa pencernaan keluar. Seseorang yang mengkonsumsi makanan mengandung serat secara rutin akan lebih lancar dan teratur saat buang air besar. Yang pastinya, Teman Sehat ngga akan butuh tenaga ekstra saat mengeluarkan ‘sampah’ dari tubuh!

2. Konsumsi makanan tinggi serat menurunkan risiko penyakit jantung 

Teman Sehat pasti udah tau kalau tingginya kolestrerol dalam darah berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kolesterol pada dasarnya digunakan oleh hati sebagai bahan membuat cairan empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.

Cairan empedu disimpan dalam kantong empedu dan akan dilepaskan ke usus halus saat terjadi pencernaan makanan. Namun, setelah melaksanakan tugasnya cairan empedu ini cenderung diserap kembali oleh saluran pencernaan untuk digunakan dalam pencernaan lemak selanjutnya. Saat inilah si serat akan berperan dengan mengikat komponen empedu tersebut dan mengeluarkannya lewat feses, sehingga hati akan mengambil kolesterol dalam darah untuk membentuk cairan empedu baru. Hal ini akan menyebabkan turunnya level kolesterol dalam darah. So, Teman Sehat pun akan terhindar dari risiko penyakit jantung!

3. Membantu mengontrol berat badan

Ada yang lagi diet tapi pengen makan terus? Makanan yang tinggi kandungan seratnya akan lebih mengenyangkan dibandingkan makanan lain yang rendah serat dalam jumlah yang sama. Hal ini menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi namun kita akan tetap merasa kenyang. Ini solusinya!

Nah, banyak banget kan manfaatnya Teman Sehat? Lalu, sumbernya apa aja? Umumnya segala makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah mengandung serat, selain itu serat juga dapat ditemukan pada beras merah, oat, kacang-kacangan, serta gandum.

Konsumsi makanan yang tinggi kandungan serat memang baik untuk pencernaan, namun mengkonsumsi terlalu banyak serat secara berlebihan juga tidak baik. Konsumsi serat berlebihan dapat menyebabkan produksi gas pada saluran pencernaan bahkan penyumbatan pada usus, terlebih kalau ngga diimbangi dengan konsumsi cairan yang cukup. Konsumsilah sesuai rekomendasi!

Angka Kecukupan Gizi (AKG) terkait konsumsi serat harian bagi laki-laki adalah 38 gram dan bagi perempuan sebanyak 30 gram

Berdasarkan pemaparan diatas, yuk mulai rutin konsumsi serat sesuai anjuran untuk medapatkan berbagai manfaatnya! Jangan lupa share tips apa aja yang kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan serat harian dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *