Yuk, Simak Manfaat Teh Hijau Buat Kamu!

Halo Teman Sehat!

Apa kamu salah satu pecinta teh hijau? Yap, teh hijau memang terkenal banget punya manfaat buat kesehatan, Teman Sehat. Sebenernya, manfaat kesehatan apa sih yang bisa kamu dapetin dari teh hijau? Yuk Simak!

Yuk, Cek Manfaat dari Teh Hijau ini Buat Tubuh Kamu!

1. Teh hijau bisa melindungi tubuh dari kanker?

Sebenarnya, belum ada keputusan para ahli tentang fungsi teh hijau yang satu ini. Berbagai penelitian yang dilakukan pada 1,6 juta orang pada tahun 2009 masih belum memastikan adanya hubungan penyakit kanker dengan konsumsi teh hijau.

Di sisi lain, penelitian terbaru tahun 2015 menunjukkan kalau teh hijau yang dikombinasikan dengan Herceptin (obat kanker) bisa digunakan dalam terapi kanker lambung dan payudara, tapi belum ada bukti ilmiah mengenai efek teh hijau itu sendiri pada kanker.

2. Teh hijau bisa menurunkan berat badan?

Sebenarnya, rumor yang menyatakan kalau katekin dan kafein yang ada pada teh hijau bisa bantu menurunkan berat badan ini pernah dibantah pada tahun 2012. Beberapa penelitian pada 1.945 orang yang dilakukan di Inggris ngga menunjukkan efek penurunan berat badan yang signifikan.

Sebaliknya, beberapa penelitian sejenis menunjukkan kalau efek penurunan berat badan lebih besar didapat dari ekstrak teh hijau, bukan dari minuman teh hijau yang biasa kita seduh. Nah, buat kamu yang mau menurunkan berat badan, yuk cek di sini!

3. Teh hijau menurunkan kolesterol?

Review pada tahun 2011 dan 2013 menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dan teh hitam bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini diduga disebabkan oleh kandungan katekin dalam teh.

Tapi, penelitian ini masih belum jadi bukti kuat Teman Sehat, karena dilakukan dalam jangka pendek dan belum ada rekomendasi mengenai jumlah teh hijau yang sebaiknya dikonsumsi supaya memberikan efek positif pada kesehatan.

4. Teh hijau baik untuk penglihatan?

Ternyata, kandungan katekin pada teh hijau punya kemampuan menjaga kesehatan mata, Teman Sehat! Sebuah studi di Korea menemukan kalau efek antioksidan EGCG (epigallocatechin gallate) teh hijau bisa melindungi retina mata manusia dari bahaya sinar UV. Penelitian pada hewan mengatakan kalau teh hijau terbukti melindungi mata dari katarak, degenerasi makular, dan glukoma.

5. Teh hijau bisa bantu melawan bakteri?

Ekstrak teh hijau mengandung polifenol yang bisa bantu menghambat aktivitas bakteri-bakteri berbahaya seperti Escerichia coli, Staphylococcus aureus, dan bakteri lainnya.

Efek penghambatan ini hanya berlaku pada bakteri patogen, jadi bakteri ‘baik’ dalam usus tetap aman apabila kita minum teh hijau. Efek antibakteri ini juga yang membuat teh hijau banyak digunakan dalam makanan buat mencegah penularan penyakit lewat makanan.

Selain antibakteri, teh hijau ternyata juga bisa menghambat pertumbuhan jamur dan berperan sebagai antibiotik alami.

6. Teh hijau bisa mempercantik kulit?

Sebuah studi yang dilakukan di USA menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau bisa memperbaiki kerusakan kulit pada pasien kanker yang menjalani radioterapi.

Yap. Hal ini dimungkinkan karena teh hijau bisa menghambat enzim matrix metalloproteinase yang mempercepat penurunan kekuatan matriks kulit akibat penuaan. Beberapa studi lain juga mengindikasikan potensi teh hijau buat bantu mencegah kelainan kulit akibat sinar UVB, seperti penuaan dan kanker kulit.

Nah, itulah berbagai ulasan mengenai manfaat dari teh hijau, Teman Sehat! Tapi, jangan lupa buat selalu makan makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur ya supaya efek baik dari teh hijau bisa makin oke! (dwi&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *