4 Olahraga yang bisa Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan Kamu!

Teman Sehat, siapa yang ngga tahu dengan penyakit TBC? Yap, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini, bisa menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan kamu, loh! Oh iya, faktor risiko penyakit ini bisa terjadi jika daya tahan tubuh kamu menurun.

Jika daya tahan tubuh kamu menurun, maka bakteri ini akan dengan mudah meninfeksi tubuh kamu. Nah, karena itulah kamu perlu menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan beberapa aktivitas olahraga yang juga menunjang kesehatan sistem pernafasan kamu. Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga air yang cukup diminati. Seperti yang kamu tahu, salah satu manfaat olahraga ini yaitu membuat tinggi badan jadi meningkat. Selain itu, ternyata olahraga ini juga punya manfaat meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung, loh! Hal ini dikarenakan gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota butuh dapat memicu aliran darah dari jantung, pembuluh darah dan paru-paru.

2. Bulu Tangkis

Siapa yang ngga tahu dengan atlet olahraga ini? Yap, The Minions atau Kevin-Marcus merupakan salah satu atlet yang perprestasi di cabang olahraga bulu tangkis. Nah, ternyata olahraga yang satu ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan kamu, loh! Jika rutin melakukan olahraga ini, maka manfaat yang akan kamu dapatkan yaitu, paru-paru menjadi semakin kuat sehingga oksigen yang dihirupkan semakin banyak, badan menjadi bugar, dan jantung menjadi lebih kuat.

3. Bersepeda

Ternyata, melakukan olahraga bersepeda bisa menyehatkan paru-paru kamu, loh! Yap, bukan cuma organ paru-paru dan jantung aja yang terlibat dalam olahraga ini, tapi semua otot juga terlibat, seperi otot lengan, perut, punggung dan tungkai. Oh iya,  manfaat dari olahraga ini yaitu, meningkatkan mood, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

4. Tai Chi

Tai chi merupakan salah satu jenis olahraga yang berasal dari Negeri Tiongkok. Olahraga ini, merupakan olahraga ringan yang bisa memperbaiki postur tubuh, membangun kekuatan dan kelenturannya. Selain itu, olahraga ini juga sangat bagus untuk membantu pernafasan dan ketenangan batin.

Nah itulah 4 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan kamu. Olahraga ini, selain membuat tubuh bugar, juga bermanfaat untuk memperkuat dan menyehatkan sistem pernafasan kamu, sehingga ngga mudah terserang bakteri penyebab TBC. So, Teman Sehat jenis olahraga apa yang akan kamu pilih? Jangan lupa tulis dan ceritakan dikolom komentar ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *