5 Fakta Toilet dan Sanitasi di Indonesia!

Sahabat Sehat, dalam rangka memperingati Hari Toilet Sedunia kamu perlu tahu fakta mengenai toilet dan sanitasi di Indonesia. Ini dikarenakan kondisinya berkaitan erat dengan kesehatan, lingkungan, bahkan ekonomi, loh. Kondisi ini ngga hanya menjadi perhatian pemerintah dan penduduk Indonesia saja, tapi juga menjadi sorotan dunia. Yuk, simak lima fakta toilet dan sanitasi di Indonesia!

Kepemilikan toilet

Menurut UNICEF lebih dari 19 juta penduduk Indonesia ngga punya toilet di rumahnya sehingga aktivitas BAB dilakukan di ladang, semak-semak, hutan, selokan, atau ruang terbuka lainnya. Hanya 77% penduduk yang memiliki akses layanan sanitasi yang dikelola dengan aman pada tahun 2019. Penduduk desa memiliki akses toilet lebih rendah dibandingkan penduduk kota.

Papan Tanda Toilet Di Samping Daun Hijau
Sumber: Pexels.com

Sanitasi di Indonesia yang kurang memadai mengakibatkan berbagai penyakit, diantaranya diare dan kolera. Bahkan sekitar seperempat dari total anak balita di Indonesia menderita diare. Penyakit ini ngga bisa diangap remeh karena faktanya diare menjadi penyebab utama kematian anak di Indonesia.

Higienitas menstruasi

Survey tahun 2013 menemukan bahwa kebanyakan anak perempuan ngga pernah mengganti pembalut atau kain menstruasi di sekolah karena fasilitas kebersihan dan air yang ngga memadai. Bahkan di beberapa daerah pelosok di Indonesia, penggunaan pembalut sekali pakai atau pembalut kain masih terbatas sehingga berisiko mengganggu kesehatan reproduksi perempuan.

Di sisi lain, UNICEF melakukan penelitian tahun 2015 yang menunjukkan bahwa 1 dari 6 anak Indonesia bolos sekolah saat menstruasi karena kurangnya ketersediaan pembalut dan toilet yang masih bercampur antara laki-laki dan perempuan sehingga membuat ketidanyamanan.

Sanitasi di pulau terpencil

Masyarakat di pulau terpencil sangat rentan terhadap akses sanitasi dan air bersih. Pasalnya, masyarakat sangat bergantung pada mata air dan air hujan. Jika musim kemarau datang, masyarakat terpaksa menggunakan genangan air yang tersisa atau air laut yang terkontaminasi.

Faktanya, terdapat belasan ribu pulau kecil yang tersebuar di seluruh Indonesia. Pulau-pulau tersebut memiliki kapasitas terbatas dalam menyimpan air.

Pencemaran sungai

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyebutkan bahwa sebanyak 59% sungai di Indonesia mengalami pencemaran tingkat parah. Sumber cemaran berasal dari sampah industri seperti, minyak, gas, pertambangan, limbah ternak, serta limbah rumah tangga.

Sampah Di Perairan
Sumber: Pexels.com

Parahnya, masih banyak penduduk Indonesia yang menggunakan sungai sebagai toilet terbuka dan tempat mencuci peralatan rumah tangga.

Biaya kerugian akibat sanitasi

Sanitasi yang buruk menyebabkan setidaknya 120 juta kasus penyakit dan 50.000 kasus kematian dini di Indonesia. Hal ini merugikan negara sebesar $3,3 miliar per tahun. Tak hanya itu, biaya sebesar $1,5 miliar juga harus dikeluarkan akibat pencemaran air per tahunnya.

Nah, itu dia lima fakta tentang toilet dan sanitasi di Indonesia. Ternyata masih banyak yang perlu diperbaiki ya, Sahabat Sehat. Kuncinya ada di tangan kamu dan kita semua sebagai generasi penerus bangsa.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

UNICEF. 2020. World Toilet Day 2020: Safe and sustainable sanitation in a changing climate. https://www.unicef.org/indonesia/stories/world-toilet-day-2020-safe-and-sustainable-sanitation-changing-climate

The Jakarta Post. 2020. In Indonesia, challenges piling up over equal access to toilets. https://www.thejakartapost.com/news/2020/11/18/in-indonesia-challenges-piling-up-over-equal-access-to-toilets.html

The Borgen Project. 10 Facts about Sanitation in Indonesia. https://borgenproject.org/10-facts-about-sanitation-in-indonesia/

LIPI. 2017. Sumber Daya Air Terbatas, Pulau Kecil Perlu Strategi Pengelolaan Air Secara Tepat. http://lipi.go.id/berita/sumber-daya-air-terbatas-pulau-kecil-perlu-strategi-pengelolaan-air-secara-tepat/17386

Indonesia Water Portal. 2021. Environment Ministry: 59 Percent of Indonesian Rivers Severely Polluted. https://www.indonesiawaterportal.com/news/environment-ministry-59-percent-of-indonesian-rivers-severely-polluted.html

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.