5 Makanan Sehari-hari yang Perlu Diwaspadai

Teman Sehat, disadari atau ngga, ternyata kebiasaan makan yang ngga baik dan konsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendah serat bisa meningkatkan risiko diabetes, loh! Kamu tau ngga? Ternyata beberapa makanan yang sering kamu konsumsi bisa meningkatkan risiko diabetes, loh! Kok bisa ya? Yuk, cari tahu penjelasannya di sini!

Kenapa ya, ada makanan yang bisa meningkatkan risiko diabetes?

Beberapa makanan sehari-hari bisa meningkatkan risiko diabetes karena:

  • Memiliki kandungan gula atau jenis karbohidrat sederhana lainnya yang ngga disadari memiliki kandungan gula ‘tersembunyi’ di dalamnya
  • Kurangnya kandungan zat yang bisa memperlambat naiknya kadar gula darah di dalam tubuh, seperti serat.
  • Pengaturan konsumsi makanan yang kurang tepat, termasuk dalam jumlah, porsi dan frekuensi makan sehari-hari

Lalu, apa aja ya, makanan yang bisa meningkatkan risiko diabetes?

Berikut 5 makanan sehari-hari yang bisa meningkatkan risiko diabetes, yang sebaiknya bisa dibatasi dan dikontrol sata mengonsumsinya. Let’s check it out!

1. Minuman berpemanis buatan

Minuman dengan pemanis buatan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Dalam satu porsi minuman soda kemasan, setara dengan 354 ml, terdapat 38 gram kandungan gula. Padahal kebutuhan gula harian orang dewasa Indonesia hanya 40 gram dalam sehari. Kondisi ini, ngga cuma bisa meningkatkan risiko diabetes, tapi juga obesitas sampai perlemakan hati.

2. Roti tawar dan pasta

Roti tawar dan pasta merupakan sumber karbohidrat, yang terbukti dalam penelitian yang dilakukan di Kanada pada tahun 2008 dan di Australia pada tahun 2009, bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh pada penderita diabetes tipe 1 maupun 2.

Kondisi ini disebabkan oleh proses produksi roti tawar dan pasta yang mengurangi kandungan serat pada bahan baku utamanya. Sehingga saat mengonsumsi kedua makanan ini, akan menyebabkan kadar gula darah kamu lebih cepat meningkat dibandingkan dengan mengonsumsi roti gandum.

3. Yoghurt rasa buah

Yoghurt merupakan makanan yang dianjurkan untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan. Tapi, jika yoghurt ditambahkan rasa lain, seperti buah-buahan, kandungan gulanya akan lebih tinggi daripada yoghurt plain (tanpa rasa). Satu porsi yoghurt rasa buah, yang setara dengan 245 gram, mengandung 40-44 gram gula, angka ini hampir memenuhi seluruh kebutuhan gula harian orang dewasa.

4. Sereal sarapan manis

Sarapan dengan sereal, seringkali dianggap sebagai pola makan yang sehat. Tapi sayangnya hal ini ngga berlaku buat sereal yang ditambahkan pemanis dalam proses pembuatannya,

Studi yang dilakukan di Kolumbia mengatakan bahwa, sereal dengan pemanis cenderung memiliki kandungan protein lebih rendah, sehingga membuat gula darah di dalam tubuh menjadi kurang stabil dan ngga terkontrol.

5. Kopi dengan tambahan rasa, gula, atau krim

Sekarang ini, sedang populer kopi dengan tambahan berbagai campuran atau topping yang disajikan di cafe. Sayangnya, kopi dengan tambahan krim atau karamel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, loh!

Dalam satu porsi minuman kopi dengan tambahan karamel dan krim terdapat 66 gram gula. Angka tersebut sudah jauh melebihi kebutuhan gula harian orang dewasa sebesar 40-50 gram dalam sehari.

Nah, itulah 5 makanan yang ternyata secara ngga sadar kamu konsumsi dan bisa meningkatkan risiko diabetes, jika kamu ngga mengotrolnya dengan baik. Ingat ya, Teman Sehat, kamu boleh mengonsumsi 5 makanan tersebut, tapi tetap imbangi dengan konsumsi makan sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dan jangan lupa berolahraga!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *