5 Manfaat Dark Chocolate, Si Cokelat Baik

Halo Teman Sehat! Kamu suka makan cokelat? Yap, camilan yang satu ini memang sulit ditolak buat dikonsumsi. FYI, ternyata terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga bisa buat kamu bermasalah dengan, gigi, berat badan, dan bahkan resiko diabetes loh! Jangan khawatir dulu, buat kamu yang suka sama cokelat tapi, mau mengurangi resiko penyakit yang ditimbulkan, kamu bisa coba mengonsumsi dark chocolate, si cokelat baik. Mau tau kenapa cokelat ini baik? Yuk, simak penjelasannya!

Dark chocolate dan kandungannya

Teman Sehat, dark chocolate atau black chocolate merupakan salah satu jenis cokelat yang mengandung 70-90% cocoa. Pada proses pembuatannya, cokelat ini tetap ditambahkan lemak, gula, dan susu, tapi jumlahnya sedikit atau ngga sama sekali, sehingga rasa cokelat ini agak pahit. Biasanya dark cokelat bisa langsung dikonsumsi sebagai camilan atau digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue.

Dark chocolate kaya akan antioksidan, zat yang mengandung komponen nitrogen, dan zat gizi. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Jadi kalau kamu mengonsumsi dark chocolate, kamu bisa meminimalisir masukanya radikal bebas yang ngga baik buat tubuh.

Zat yang mengandung komponen nitrogen di dalam dark chocolate, seperti theobromin dan cafein juga bisa membemberikan rasa rileks pada otot kamu. Sedangkan, kandungan mineral yang ada di dark chocolate menjadi nilai tambah tersendiri buat kesehatan orang yang mengonsumsi dark cocholate.

Ini loh manfaat dark chocolate!

Selain kelebihan yang disebutkan tadi, ternyata manfaat dark chocolate buat kesehatan masih banyak loh, Teman Sehat! Salah satunya yang banyak diamati adalah manfaat dark chocolate buat menurunkan tekanan darah. Tapi bener ngga sih? Yuk simak penjelasan dan manfaat lainnya dari si baik ini!

1. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Natasya dan Iwan, hasil dari konsumsi singkat dark chocolate bisa menurunkan tekanan darah loh! Kok bisa ya? Dark chocolate mengandung zat antioksidan yaitu pyrocidin yang bisa menurunkan tekanan darah. Menurut studi lain, konsumsi dark chocolate selama 15 hari, juga bisa menurunkan tekanan darah keluar (sistolik) pada penderita tekanan darah tinggi usia muda dan tua. Adanya peningkatan aktivitas zat nitrit dioksida (NO), zat antioksidan flavonol dan asam lemak yang baik saat mengonsumsi dark chocolate, bisa menurunkan tekanan darah keluar (diastolik) pada tubuh.

2. Antidiabetik

Antidiabetik, kok bisa sih? Kandungan zat flavonoid yang ada di dalam dark chocolate, bisa membantu menurunkan tingkat resistensi insulin, dengan cara membantu sel agar bisa berfungsi normal, sehingga penggunaan insulin di dalam tubuh bisa efisen. Selain itu, dark chcolate juga punya indeks glikemik yang rendah loh! Jadi, gula darah di tubuh kamu ngga akan cepat naik saat mengonsumsi dark chocolate.

3. Kesehatan mulut

Teman Sehat, dark chocolate mengandung zat theobromine yang bisa menguragi kemungkinan bolongnya gigi, karena zat theobromine bisa mengeraskan enamel gigi kamu. Selain itu zat theobromine juga menjadi stimulan ringan buat mengurangi penyebab batuk. Caranya, zat

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts