5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!

Halo, Teman Sehat! Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H! Gimana puasa perdana kamu hari ini? Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya, selama berpuasa! Ingat loh, berpuasa bukan berarti kamu bermalas-malasan tapi kamu bisa beraktivitas seperti biasa dan mendapatkan pahala dari ibadah yang dijalankan. Oh iya, supaya kamu ngga lemas selama berpuasa, yuk simak 5 tips agar puasa kamu tetap asyik. Let’s check it out!

1. Jangan skip sahur

Saat berpuasa, kamu ngga akan menerima asupan makanan dan minuman selama hampir 12 jam. Tubuh akan mendapatkan energi dari makanan yang diubah menjadi gula di dalam darah. Jika jumlahnya ngga mencukupi, maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi.  Nah, karena itulah penting buat kamu untuk melakukan sahur sebelum berpuasa.

    

Jadi saat sahur, konsumsilah makanan yang menyebabkan kamu ngga mudah lapar seperti sumber karbohidrat kompleks, kaya serat dan protein. Karbohidrat kompleks dan kaya serat, seperti beras merah, roti gandum, oats, dan biji-bijian (multi grain), akan lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kamu ngga mudah lapar. Makanan kaya akan protein seperti tempe, tahu, daging, telur, yoghurt juga perlu dikonsumsi agar energi kamu tetap tersedia.

2. Cukupi kebutuhan hidrasi harian mu

Selama kurang lebih 12 jam, kamu ngga akan mendapatkan asupan cairan. Padahal hampir 99% tubuh kamu berisikan cairan. Jika kebutuhannya ngga terpenuhi, tubuh akan kekurangan cairan (dehidrasi) dan akan mengganggu kerja tubuh, seperti kehilangan fokus dan pusing. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, biasanya untuk orang dewasa kebutuhannya 8 – 12 gelas per harinya.

Cara mengatur asupannya yaitu, konsumsilah air putih sebelum sahur setengah atau sepertiga dari jumlah cairan yang dibutuhkan. Saat berbuka puasa, cobalah mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung gula untuk mengganti energi yang hilang atau buah dengan kandungan air yang tinggi. Jangan lupa, sebelum tidur lengkapi kebutuhan cairan mu dengan mengonsumsi air putih sejumlah yang dibutuhkan.

3. Kurangi beberapa konsumsi ini!

Godaan menu makanan berbuka puasa seperti gorengan, gulai atau minuman dingin berkafein terkadang ngga bisa kamu hindari. Padahal mengonsumsi ketiga makanan ini, bisa mmengurangi asupan zat gizi yang kamu butuhkan setelah seharian berpuasa.

Gorengan kaya akan lemak tetapi memiliki kandungan zat gizi yang rendah. Sedangkan minuman berkafein memiliki sifat diuretik atau menarik cairan tubuh, sehingga membuat kamu mudah pipis dan kehilangan cairan tubuh. So, mulailah mengurangi konsumsi kedua makanan ini, ya!

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur saat sahur, akan membuat kamu ngga mudah lapar. Hal ini dikarenakan keduanya kaya akan serat dan lebih lambat dicerna oleh tubuh. Konsumsi keduanya saat berbuka puasa, selain baik untuk pencernaan, gula alami yang terkandung di dalamnya bisa menggantikan energi yang hilang saat berpuasa.

5. Tetap berolahraga

Puasa ngga menghalangi kamu untuk beraktivitas, loh! Justru kamu harus tetap beraktifitas untuk melatih otot-otot tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti joging, yoga atau olahraga favorit kamu 2-3 jam setelah sahur. Tapi ingat ya, jangan berlebihan danmenyebabkan kamu batal puasa.

Teman Sehat, itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan ada puasa jadi lebih asyik. Jangan lupa terapkan pola hidup sehat dan atur diet makanan kamu. Tetap sehat selama bulan puasa, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *