Apa ya, Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil?

Teman Sehat, tahukah kamu apa itu Prenatal Yoga? Yap, Prenatal Yoga merupakan program yoga khusus untuk kehamilan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin. Program ini menekankan pada tekniknya, seperti olah napas, relaksasi, teknik visualisasi dan meditasi.

Hal ini dilakukan agar ibu terasa lebih nyamanan dan kuat saat menjalani kehamilan untuk menghadapi masa persalinan. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berlatih prenatal yoga. Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Membantu menjaga kesehatan mental dan fisik

Di masa kehamilan, tubuh kamu mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Ternyata berlatih prenatal yoga bisa membantu kamu untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan yang di alami oleh tubuh. Banyak gerakan dari kegiatan ini yang akan membantu kamu tetap sehat dan kuat dan di saat yang sama membantu kamu merasa rileks menjalani masa kehamilan.

Lebih optimal mempelajari teknik pernapasan

Mengapa teknik pernapasan sangat penting? Hal ini dikarenakan teknik pernapasan akan memberikan efek baik bagi fisik kamu maupun mental. Di masa kehamilan, sering kali perubahan hormon yang terjadi ngga cuma memengaruhi diri secara fisik, tapi juga emosi atau mood naik turun tanpa alasan.

Bila kamu bisa bernapas lebih baik, hal ini bisa membantu kamu mengontrol emosi selama kehamilan. Kegiatan ini juga melatih kamu agar kualitas napas lebih baik, sehingga asupan oksigen untuk si kecil lebih maksimal. Selain itu, dalam proses kelahiran, teknik bernapas yang baik akan membantu mengurangi dan mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi.

Membantu mengurangi sakit pinggang

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh dan sakit pinggang berkepanjangan. Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

Membantu mempersiapkan area untuk proses kelahiran

Banyak postur dalam prenatal yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel ketika proses melahirkan. Ngga cuma latihan fisik aja, loh! Tapi juga persiapan mental, yang tentu sangat bermanfaat untuk persiapan melahirkan secara normal.

Melatih diri lebih mudah istirahat

Di masa kehamilan, biasanya kamu punya kecenderungan merasa cemas sepanjang waktu. Selain itu, perasaan cemas ini bisa menyebabkan kamu sering sulit tidur. Berlatih prenatal yoga secara rutin bisa memiliki peran besar untuk membantu kamu lebih tenang dan lebih rileks di kala rasa cemas tiba-tiba muncul.

Menjalin Ikatan lebih dalam dengan si kecil

Saat berlatih, banyak sekali gerakan yang membuat si kecil  merasa nyaman. Selain itu, instruktur juga mengajarkan cara-cara berkomunikasi dengan bayi. Hal ini membuat kamu merasa lebih nyaman saat berlatih dan lebih terbiasa berkomunikasi dengan si kecil

Nah, Teman Sehat! Itulah beberapa manfaat dari prenatal yoga. Selain itu, pastikan jika kami pertama kali berlatih kamu merasa kelelahan saat mencobanya, jangan lupa untuk rehat sejenak di sela-sela latihan. Tak perlu terburu-buru saat berlatih, karena dalam berlatih yang terpenting adalah kamu merasa nyaman sehingga manfaatnya akan lebih terasa.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *