Badan Pegal setelah Berolahraga? Yuk, Simak Cara Mengatasinya!

Halo Teman Sehat! Saat berolahraga, pernah tidak merasakan badan pegal ketika usai berolahraga? Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Apa itu olahraga?

Sebelum tau cara mengatasi pegal setelah berolahraga, baiknya kita tau dulu apa sih olahraga itu.

Pengertian olahraga menurut Pedoman Gizi Olahraga Prestasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI tahun 2013 adalah kegiatan aktivitas fisik yang terukur dan terencana dengan tujuan kebugaran dan prestasi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak manfaat yang didapatkan dari berolahraga. Olahraga dapat menurunkan risiko kematian, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, strok, diabetes mellitus, kanker payudara, dan depresi. Olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan dan orang yang sering berolahraga mempunyai tubuh yang lebih sehat, loh! Tak jarang aktif berolahraga merupakan resolusi yang sering diucapkan dan diimpikan untuk tahun baru. Selain itu, orang yang ingin memulai gaya hidup sehat, mereka memulainya dengan berolahraga.

Apa penyebab badan terasa pegal setelah berolahraga?

Niat sudah dibulatkan, dan olahraga dilakukan. Namun, malah pegal-pegal di badan yang didapatkan. Badan pegal setelah berolahraga adalah hal yang wajar ya Teman Sehat. Badan pegal yang dirasakan setelah 24 sampai 48 jam berolahraga biasa disebut DOMS. DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) gejalanya meliputi pegal, kaku, dan bengkak pada anggota badan. Masa penyembuhannya bisa memakan waktu sampai 5 hari, loh!

Cara mengatasi pegal setelah berolahraga

Teman Sehat ngga perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi DOMS ini, antara lain:

  • Minum susu setelah berolahraga

Penelitian yang dilakukan oleh Cockburn et al. pada tahun 2012 menyarankan untuk minum susu sapi sebanyak 500 mL setelah berolahraga. Susu sapi bisa mengurangi pemecahan protein pada otot setelah olahraga sehingga proses DOMS dapat dicegah.

  • Minum jus semangka setelah berolahraga

Selain susu sapi, semangka juga bisa mengurangi pegal-pegal di badan setelah berolahraga. Semangka bisa menjadi alternatif untuk Teman Sehat yang alergi susu sapi atau merupakan vegetarian. Semangka mengandung L-citrulline yang berguna untuk membantu otot memulihkan diri setelah diminum dalam kurun waktu 24 jam.

  • Kafein sebelum atau sesudah olahraga

Minum kopi yang mengandung kafein dalam kurun waktu 24-48 jam setelah berolahraga bisa mengurangi rasa sakit sampai 48%, loh!  Bahkan, jika Teman Sehat minum kopi satu jam sebelum berolahraga bisa mencegah terjadinya DOMS setelah berolahraga. Tapi, patut diwaspadai kandungan gula dalam kopi yang diminum ya!

Setelah menyimak ulasan di atas, Teman Sehat ngga perlu pusing lagi menghadapi DOMS ini. Namun, baiknya pencegahan dilakukan agar sakit yang dirasakan ngga dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Penting untuk ngga memforsir diri sendiri di hari pertama olahraga. Olahraga yang dilakukan secara bertahap bisa meningkatkan kemampuan adaptasi tubuh sehingga efek DOMS berkurang. Jadi, Teman Sehat selamat berolahraga!

 

Editor & Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *