Cara Alami Redakan Sakit Tenggorokan

Halo Sahabat Sehat! Kamu mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan yang mengganggu. Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi virus atau bakteri, tapi ternyata ada juga sakit tenggorokan yang ngga disebabkan kedua hal tersebut. Jadi, jangan buru-buru minum obat ketika kamu merasa sakit tenggorokan. Yuk, coba intip beberapa cara meredakan sakit tenggorokan secara alami di bawah ini!

cara mudah redakan sakit tenggorokan
Foto: Pexels.com

Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Saat sedang mengalami sakit tenggorokan, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat, misalnya sup hangat, air hangat, dan teh. Hindari makanan yang pedas atau bersifat terlalu asam. Air lemon hangat yang diberi tambahan madu bisa menjadi kombinasi yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan, karena keduanya juga memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri penyebab radang tenggorokan seperti Streptococcus pyogene

Minum Air Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai rempah yang digunakan untuk memasak dan banyak manfaat, termasuk mengobati batuk dan flu. Jahe memiliki kandungan senyawa gingerol, shogaol, dan zingiberene yang memberikan rasa pahit dan pedas sehingga menimbulkan sensasi hangat yang membantu melegakan tenggorokan. Maka dari itu, minum air rebusan jahe bisa dijadikan salah satu langkah awal untuk meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, jahe juga baik untuk mengobati sakit kepala, mual, gangguan pencernaan, hingga rematik, loh!

redakan sakit tenggorokan dengan cara ini
Foto: Unsplash.com

Minum Rebusan Luo Han Guo

Luo han guo adalah buah yang berasal dari Tiongkok dan punya rasa manis. Buah ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati radang tenggorokan. Cara mengonsumsinya sangat mudah, kamu cukup merebus buah luo han guo dan menyaringnya. Air rebusan buah ini rasanya sangat manis, sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan. Rasanya yang manis membuat luo han guo juga dimanfaatkan sebagai pemanis alternatif gula yang rendah kalori. Selain itu, buah yang juga dikenal sebai monkfruit ini juga kaya akan antioksidan dan punya aktivitas antibakteri yang bisa meredakan infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan.

Berkumur Larutan Air Garam

Satu lagi tips mudah meredakan sakit tenggorokan, yakni dengan berkumur air garam. Cara ini terbukti bisa meredakan sakit tenggorokan yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Garam sendiri dapat membantu proses penyembuhan luka pada tenggorokan sehingga mampu meredakan sakit pada tenggorokan. Kamu bisa membuat larutan air garam dengan melarutkan ¼ sendok teh garam dalam ½ gelas air hangat.  

Nah itulah beberapa cara mudah dan praktis untuk meredakan sakit tenggorokan yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Aryanta, I. W. R. 2019. Manfaat Jahe untuk Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyakesehatan/article/download/463/387 Diakses pada 2 Oktober 2021.

Gong, X., Chen, N., Ren, K., Jia, J., Wei, K., Zhang, L., Lv, Y., Wang, J., dan Li, M. 2019. The Fruits of Siratia grosvenorii: A Review of a Chinese Food-Medicine. Front Phamarcol. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6903776/  Diakses pada 2 Oktober 2021.

Sallih, M. A. E. B. M. dan Bakar, M. Z. B. A. 2019. Randomised Controlled Trial of Salt Solution (Sodium Chloride) Mouth Wash vs Thymol Glycerine Usage in Sore Throat with Non Bacterial Pharyngitis. Journal of Complementary and Alternative Medical Research. https://www.researchgate.net/publication/335681220_Randomised_Controlled_Trial_of_Salt_Solution_Sodium_Chloride_Mouth_Wash_vs_Thymol_Glycerine_Usage_in_Sore_Throat_with_Non_Bacterial_Pharyngitis  Diakses pada 2 Oktober 2021.

Michigan Medicine. 2017. Sore Throat (Pharyngitis). University of Michigan. http://www.med.umich.edu/1libr/CCG/Pharyngitis.pdf Diakses pada 2 Oktober 2021. 

Mshelia, B. M., Adeshina, G. O., dan Onaolapo, J. A. 2017. The Antibacterial Activity of Honey and Lemon Juice against Streptococcus pneumoniae and Streptococcus pyogenes Isolates from Respiratory Tract Infections. Advances in Biotechnology & Microbiology. https://juniperpublishers.com/aibm/pdf/AIBM.MS.ID.555660.pdf  Diakses pada 2 Oktober 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.