Cara Tetap Sehat dan Produktif Selama WFH

Selama pandemi Covid-19, terjadi berbagai perubahan sistem kerja di berbagai sektor, salah satunya dengan menggunakan sistem daring atau online. Berlakunya sistem WFH (Work From Home) menjadi suatu hal yang baru dan menantang. Tuntutan produktivitas saat WFH tentunya cukup berat dan ngga jarang bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental. Lalu, apa sajakah tanda-tanda sudah mengalami gangguan mental health? Bagaimanakah tips mengatasinya supaya WFH berjalan produktif.

cara kerja cerdas, tetap produktif selama wfh
Foto: Pexels.com

Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental bisa terganggu ketika seseorang ngga mampu menghadapi sesuatu atau baru ditempatkan dalam kondisi baru/asing, terlebih jika hal tersebut berupa tekanan. Dalam kasus WFH, gangguan kesehatan mental bisa saja terjadi jika seseorang belum terbiasa dengan teknologi, ritme kerja yang fleksibel, dan sistem meeting serta koordinasi online.

Beberapa gejala yang timbul, diantaranya seperti demotivasi, mudah cemas, sulit tidur, mudah lelah, sering sakit, takut memulai hal baru, dan merasa terisolasi. Semakin lama, kondisi ini bisa memengaruhi fisik dan menurunkan resiliensi diri dalam beraktivitas. Tentu saja produktivitas akan menurun dan menjadi penghambat saat WFH.

Tips Supaya Tetap Produktif saat WFH

Setelah mengetahui berbagai gejala gangguan kesehatan mental tersebut, kini saatnya mengetahui cara mengatasinya. Berikut tips mengatasi gangguan mental health supaya kesehatan fisik dan psikis terjamin selama WFH.

1. Batasi Akses Berita Covid-19

Menurut WHO (World Health Organization), seseorang dikatakan sehat secara mental bila menyadari kemampuannya, mampu menangani stres, produktif dalam bekerja, dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya tetap produktif, yaitu dengan membatasi akses berita Covid-19 jika itu membuatmu merasa cemas berlebih. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kecemasan, ketakutan, dan keputusasaan akibat mengetahui betapa memprihatinkannya kondisi saat ini.

atasi gangguan mental selama wfh
Foto: Pexels.com

2. Perkuat Social Bonding

Meskipun harus jaga jarak, social bonding dengan keluarga, sahabat, dan teman perlu dipertahankan untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan mental selama WFH. Ikatan sosial yang kuat bisa membuat lebih bahagia dan tenang, kamu jadi merasa ngga sendirian. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah dalam mengatasi rasa cemas, takut, demotivasi, dan gejala gangguan kesehatan mental lainnya.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Gejala demotivasi, lelah, bosan, dan merasa terisolasi bisa dihilangkan perlahan dengan menghadirkan tempat kerja yang nyaman di rumah. Kondisi yang nyaman dan menenangkan bisa memicu semangat kerja, loh! Jadi ngga perlu terlalu stress saat bekerja di tengah pandemi.

4. Fokus pada Pekerjaan

Meskipun kondisi lingkungan sedang ngga baik-baik saja dan mengharuskan adanya banyak perubahan, cobalah tetap fokus pada pekerjaan. Tetapkan target harian kamu seperti biasa dan imbangilah dengan hiburan dan relaksasi di sela waktu istirahat.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Gangguan kesehatan mental yang dialami dan memengaruhi kondisi fisik bisa segera hilang jika didukung dengan asupan bergizi. Zat gizi yang masuk ke dalam tubuh membuat kamu lebih berenergi sehingga siap untuk bekerja. Konsumsi pula makanan yang bisa meningkatkan rasa bahagia dan tenang, seperti cokelat hitam, susu, dan jahe.

Itulah yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan kesehatan mental saat WFH. Meskipun dalam masa sulit seperti sekarang ini, tetaplah kuat dan jangan banyak pikiran ya, Sahabat Sehat! Sealalu jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan selama beraktivitas.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

alodokter.com. 2021. 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental. https://www.alodokter.com/tidak-hanya-sehat-badan-kesehatan-mental-juga-penting-dijaga. Diakses pada 11 Juli 2021.

Cigna.co.id. 2021. 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi. https://www.cigna.co.id/wellness/cara-menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi. Diakses pada 11 Juli 2021.

Fadli. 2021. 4 Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-jaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-covid-19. Diakses pada 11 Juli 2021.

Pantony. 2021. WFH for The Foreseeable? These are The Subtle Warning Signs You’re Heading for Burnout Right Now (and How to Fix It. https://www.glamourmagazine.co.uk/article/working-from-home-burnout. Diakses pada 12 Juli 2021.

Wilson. 2020. 3 Warning Signs of Work-From-Home Burnout. https://medium.com/swlh/3-warning-signs-of-work-from-home-burnout-1a81545bbca3. Diakses pada 12 Juli 2021.

Our Rating

1.0 Overall Score

1

Related Posts

    1. Iya, betul. Dalam kondisi tertentu, mengurangi akses berita covid juga perlu biar pikiran tidak ter-distract. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.