Cegah Karies, Simak Tips Sikat Gigi untuk Anak

Hai Sahabat Sehat! Tahukah kamu menurut World Dental Federation, karies merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang sangat umum terjadi. Riskesdas 2018 menunjukkan 81,1% anak usia 3-4 tahun dan 92,6% anak usia 5-9 tahun mengalami karies. Begitupula dikutip dari Fahmi dkk., dalam Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, bahwa anak 3-5 tahun sebagian besar mengalami karies gigi kategori berat.

Karies gigi merupakan kerusakan gigi yang biasanya ditandai dengan gigi berlubang, ada noda coklat, atau  warna gigi mulai menghitam. Biasanya juga disertai nyeri ketika mengunyah atau menggigit sesuatu. Adanya nyeri bisa menurunkan nafsu makan anak, sehingga secara ngga langsung berisiko pada masalah gizi. Salah satu kunci dalam mencegah terjadinya karies, yakni dengan rajin menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

cegah karies dengan sikat gigi
Foto: Pexels.com

Ada beberapa masalah yang sering muncul berkaitan dengan kebiasaan sikat gigi pada anak, seperti anak malas atau menolak sikat gigi, karena belum terbiasa, perasaan ngga nyaman, pasta gigi atau sikat gigi yang kurang cocok. Apakah Sahabat Sehat sudah mengenali kendala yang dihadapi anak? Berikut ini tips sikat gigi yang bisa kamu coba!

Pilih peralatan yang cocok 

Seringkali sikat gigi yang kaku atau kasar melukai gusi dan rongga mulut, selain itu rasa pasta gigi terlalu pekat, jadi pilih sikat gigi yang lembut, dan pasta gigi berfluoride khusus anak-anak. Jangan khawatir Sahabat Sehat! Sudah banyak pasta gigi untuk anak-anak, bahkan punya rasa, seperti buah-buahan. Jika perlu ajak anak memilih sikat dan pasta giginya sendiri, beberapa anak antusias menggosok gigi  karena warna atau bentuk sikat gigi yang menarik perhatiannya. Selain itu, ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau ketika sudah rusak.

Ajak anak menyikat gigi bersama

Pernah dengar pepatah‘Children see, they do’? Yap, cara ini terbilang cukup efektif untuk mengajari anak sikat gigi. Jadi, jika perlu ajak anak sikat gigi bersama. Beri contoh dan ajarkan anak bagaimana sikat gigi yang benar, baik secara teknik maupun waktunya. Sikat gigi mulai dari arah gusi ke gigi secara vertikal.

cegah karies dengan sikat gigi
Foto: Pexels.com

Kapan anak bisa mulai sikat gigi? Sejak anak tumbuh gigi. biasakan anak sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Berapa lama? Menurut Islam Zui & George J. yang dikutip dalam Journal of Medicine and Health, disarankanwaktu sikat gigi minimal dua menit, tapi paling baik 3-5 menit. Yuk, jadikan momen sikat gigi jadi momen yang menyenangkan!

Edukasi karies dan apresiasi  anak

Edukasi anak tentang karies dan dampak jika tidak sikat gigi, jangan lupa untuk apresiasi anak setelah menggosok gigi. Ucapkan pujian secara verbal maupun non verbal, pujian akan membuat anak merasa dihargai, serta meningkatkan antusiasmenya untuk sikat gigi, loh!

Nah, itulah tips sikat gigi untuk anak. Tapi, perlu diingat bahwa cegah karies gigi ngga hanya bergantung pada sikat gigi. Kebiasaan konsumsi makanan atau minuman manis juga bisa menyebabkan karies. Jadi beri pengertian juga kepada anak untuk membatasai konsumsinya, ya! Jangan lupa ajak anak untuk periksa rutin ke dokter gigi enam bulan sekali. Tanamkan pada anak dokter gigi ngga menakutkan, yang perlu ditakuti adalah karies dan sakit gigi.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Fahmi, R., Prasetyowati, S., & Mahirawatie, I. C. (2021). PERAN ORANG TUA DENGAN KARIES GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(2), 295-300. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/article/view/713. Diakses 18 November 2021

Hidayat, M., & Dahliana, L. (2021). Efektivitas Dua Tipe Sikat Gigi terhadap Penurunan Indeks Plak pada Pasien Ortodonti Cekat dengan Teknik Penyikatan Horizontal, Vertikal, dan Roll. Journal of Medicine and Health, 3(2). https://journal.maranatha.edu/index.php/jmh/article/view/2411/1933. Diakses 18 November 2021

Sakti, E.S. 2019. Infodatin: Kesehatan Gigi Nasional. Kementerian Kesehatan RI

Ridwan, A. 2019. Sudah Sikat Gigi tapi Gigi Masih Berlubang?. Dental ID Official. https://www.youtube.com/watch?v=PrW440RD8QI. Diakses 18 November 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.