Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan 6 Langkah CERDIK ini!

Halo Teman Sehat! Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok gangguan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung coroner (PJK), penyakit stroke, congenital heart disease (gangguan pembentukan jantung sejak dalam janin), pembekuan darah dalam vena. Sekarang ini, penyakit jantung jadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, Teman Sehat!

World Health Organization (WHO) menyebutkan kalau penyakit kardiovaskular jadi penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya. Sekitar 17.7 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2015. Sebagian besar disebabkan oleh penyakit jantung coroner dan penyakit stroke. Penggunaan rokok, kebiasaan makan yang ngga sehat dan obesitas, rendahnya aktifitas fisik serta penggunaan alkohol dinilai menjadi penyebabnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan buat mencegahnya?

“Mencegah Lebih Baik daripada “Mengobati”

Yap, slogan ini emang udah sering banget kita dengar kan, Teman Sehat? Tapi, apakah sebagian besar dari kita udah menerapkannya? Penyakit kardiovaskular bisa dicegah dengan penurunan faktor risiko yang jadi penyebabnya, Teman Sehat! Ngga susah, dengan melakukan 6 Langkah CERDIK ini, kamu bisa terhindar atau berisiko kecil mengalami penyakit yang berbahaya ini, Teman Sehat! Mau tau apa aja 6 langkah itu? Simak!

C: Cek Kesehatan secara berkala

Teman Sehat, cek kesehatan secara berkala bisa membantu kamu buat memantau kondisi kesehatan tubuhmu. Pengecekan ini bisa berupa  pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, pengecekan gula darah sewaktu atau pengecekan kolesterol darah.

Hasil pengecekan yang ngga baik bisa mendorong kamu buat kembali mengatur pola makan yang sehat sehingga secara dini kamu bisa membantu mencegah terjadinya penyakit ngga menular seperti kardiovaskular ini.

E: Enyahkan asap rokok

Yap, ngga hanya buat perokok, rokok memang diketahui berbahaya banget buat mereka yang terpapar asap rokok (perokok pasif). Rokok dan asapnya ini bisa mengancam kesehatan semua kalangan, termasuk remaja dan anak-anak.

R: Rajin berolahraga atau ber aktifitas fisik

Olahraga paling ngga 150 menit per minggunya, bisa membantu kamu buat terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular, loh Teman Sehat!

D: Diet sehat dengan gizi seimbang

Diet sehat dengan gizi seimbang adalah pola makan yang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral tapi ngga lupa juga buat membatasi penggunaan gula, garam dan lemak, Teman Sehat! Selain itu konsumsi buah dan sayur yang cukup bisa menjauhkan kamu dari risiko penyakit.

I: Istirahat yang cukup

Setelah beraktifitas seharian, tubuh memerlukan waktu buat istirahat demi menjaga staminanya. Lama tidur bergantung pada usia seseorang.

K: Kelola stres

Stres adalah respon adaptif tubuh yang jika ngga dikelola dengan baik bisa membuat tubuh jatuh sakit. Metabolisme tubuh mulai terganggu jika tubuh mengalami stres. Orang yang stres biasanya mengalami perasaan khawatir, tekanan, letih, ketakutan dan depresi. Kondisi

Nah, itulah enam langkah CERDIK yang bisa menghindarkan kamu dari risiko penyakit tidak menular (PTM) salah satunya kardiovaskular, ya Teman Sehat! Gampang buat diterapkan kan, Teman Sehat? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *