Diet Hepatitis, Solusi Diet untuk Cegah dan Pulihkan Hepatitis

diet hepatitis

Diet hepatitis. Apa yang kamu pikirkan ketika membaca 2 kata itu?

Apakah Teman Sehat ingin terhindar dari hepatitis? Atau kamu sedang mengalami hepatitis? Atau mungkin salah satu keluarga Teman Sehat sedang menderita hepatitis? Tenang, linisehat punya 7 anjuran diet hepatitis yang cocok buat kamu yang ingin mencegah dan mengobati hepatitis. Yuk simak!

1. Makan makanan bergizi seimbang

Maksudnya gimana? Maksudnya, Teman Sehat dianurkan untuk memilih makanan yang bergizi dalam jumlah yang seimbang.

Misalnya ketika makan siang akan lebih baik bila Teman Sehat mengonsumsi sepiring nasi putih ditambah sepotong tempe goreng, telur dadar, dan semangkuk sayur sup daripada mengonsumsi lima potong tahu kukus dan sepotong pepaya saja. Hal ini berguna untuk mempertahankan fungsi metabolisme hati dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

2. Tidak ada pembatasan jumlah energi, karbohidrat, protein, bahkan lemak.

Sebaliknya, penderita hepatitis disarankan mengonsumsi makanan tinggi energi, tinggi karbohidrat dan protein, serta lemak yang cukup agar hati kembali pulih. Kok semua tinggi, tapi lemak cukup? Iya! Lemak cukup untuk menghindari mual dan kerja hati yang lebih berat. Kamu bisa membatasi lemak dengan cara menghindari gorengan dan tidak menggoreng makanan yang akan kamu makan. Ubahlah dengan merebus, mengukus, atau dibuat tim aja!

3. Utamakan konsumsi makanan segar atau fresh

sayur buah

Misalnya buah, sayur, atau biji-bijian. Mengapa? Hal ini dikarenakan zat gizi makanan segar belum berkurang terlalu banyak. Berbeda halnya dengan makanan awetan yang cenderung menggunakan banyak gula, garam, atau pengawet.

4. Makan dalam porsi kecil dan lebih sering.

Loh kok? Jadi, pada umumnya penderita hepatitis dan gangguan hati lainnya sering kali merasa mual dan malas makan. Daripada hanya mengonsumsi seperempat porsi dari sepiring nasi, tentunya akan lebih baik dua kali mengonsumsi setangkup roti lapis pada waktu yang berbeda bukan?

5. Olah bahan makanan sebersih mungkin

paprika-581247_640

Mulai dari pencucian bahan, pemasakan, hingga penyajian makanan, upayakan Teman Sehat selalu mengutamakan higiene dan kebersihan. Pastikan air yang digunakan bersih dan tidak tercemar tinja, atau bahan-bahan lain yang nggak banget!

Hal ini perlu dilakukan mengingat penyebab utama hepatitis adalah virus dan mikroorganisme lain yang akan bertambah buruk efeknya apabila tubuh mengonsumsi makanan tidak higienis.

6. Minum 6-8 gelas air putih dalam sehari

Hal ini bertujuan untuk mencegah penderita mengalami dehidrasi serta membantu mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh.

7. Teman Sehat bisa konsumsi suplemen vitamin dan mineral seperti zat besi atau vitamin B kompleks

vitamin-1276833_640

Hal ini dikarenakan penderita hepatitis biasanya mengalami gangguan penyerapan zat gizi. Konsumsi suplemen lebih baik dilakukan dengan pengawasan tenaga kesehatan untuk mencegah konsumsi vitamin dan mineral dalam dosis yang terlalu tinggi, yang justru membahayakan hati.

Ketujuh solusi diet hepatitis ini penting untuk dilakukan supaya membantu mempercepat pemulihan.

Eits, tapi diet hepatitis ini bukan hanya untuk penderita hepatitis aja loh!

Diet ini juga bisa dijalankan oleh kamu untuk  mencegah Teman Sehat mengalami hepatitis. Mudah kan dilakukan? Selamat mencoba!

Yuk tuliskan pendapatmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *