Diet MIND, Cara Mudah Lawan Alzheimer

Teman Sehat, tahukah kamu alzheimer merupakan penyakit yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia? Yap, penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami penurunan kesehatan. Tapi, kondisi ini bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan pola Diet MIND. Mau tahu seperti apa? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa itu diet MIND?

Diet MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay) merupakan pola diet yang mengkombinasikan antara diet mediteranian dan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Tujuannya yaitu mengurangi risiko demensia dan memperlambat penurunan kemampuan otak.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penerapan diet ini mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 53% dan meningkatkan kemampuan memori verbal. Penelitian lain yang dilakukan oleh Martha juga menunjukkan bahwa seseorang yang telah menerapkan pola diet ini memiliki usia otak 7,5 tahun lebih muda dibandingkan usia aslinya.

Prinsipnya

Secara umum, prinsip diet ini yaitu mengonsumsi makanan rendah lemak, tinggi serat, dan asupan zat gizi mikro yang lengkap. Berikut 15 jenis makanan yang direkomendasikan pada pola diet MIND:

10 jenis makanan yang disarankan:

  1. Konsumsi serealia minimal 3 porsi dalam sehari. Contohnya oatmeal, roti gandum, atau berbagai jenis pasta.
  2. Konsumsi sayuran berdaun hijau minimal 6 porsi dalam seminggu. Satu porsinya setara dengan 100 gr atau 1 cup sayur.
  3. Tambahkan jenis sayuran lainnya minimal 1 porsi dalam sehari
  4. Konsumsi buah beri minimal 2 kali seminggu. Buah ini kaya akan zat antioksidan antosianin yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif otak.
  5. Konsumsi ikan minimal 1 kali seminggu. Pilihlah ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi seperti salmon, tuna, tenggiri, dan kembung.
  6. Konsumsi unggas minimal 2 kali seminggu. Pilihlah cara pengolahan yang ngga menambah kalori terlalu banyak. Ngga disarankan untuk diolah dengan cara digoreng atau menggunakan santan.
  7. Konsumsi biji-bijian minimal 3 kali dalam seminggu. Contohnya kecambah, kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai.
  8. Konsumsi kacang-kacangan minimal 5 kali seminggu. Makanan ini bisa dikonsumsi sebagai cemilan ataupun dicampur ke dalam masakan.
  9. Memasak menggunakan minyak zaitun. Minyak yang satu ini bisa digunakan untuk menumis, memanggang atau salad dressing.
  10. Batasi konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah harian bagi yang mengonsumsinya.

5  Jenis Makanan yang Dibatasi

  • Makanan yang digoreng atau fast food maksimal 1 kali seminggu.
  • Mentega atau margarin maksimal 1 sendok makan perhari.
  • Keju maksimal 1 kali  seminggu.
  • Makanan manis seperti kue, permen, es krim, dan lainnya maksimal 5 porsi dalam seminggu.
  • Daging merah seperti daging sapi, babi, kambing, dan olahannya maksimal 3 kali seminggu.

Nah, meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi kebiasaan merokok juga perlu dilakukan agar manfaat dari diet ini akan jauh lebih terasa. Tertarik untuk coba diet MIND? Yuk, mulai ubah gaya hidupmu untuk hari tua yang lebih indah! Jangan lupa share artikel ini, ya Teman Sehat!

Editor & Proofereader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *