Gimana ya Caranya Agar Kekebalan Tubuh Ngga Melemah?

Teman Sehat pasti udah nggak asing lagi dengan Covid-19. Yap, virus yang menjadi pandemi di seluruh dunia ini, mungkin merupakan ‘mimpi buruk’ yang menakutkan bagi semua orang, karena persebarannya yang begitu cepat. Tapi, kamu ngga perlu terlalu over thingking, karena salah satu cara untuk mencegah penyebarannya yaitu dengan selalu menjaga daya tahan tubuh kamu. So, mau tau gimana caranya agar kekebalan tubuh ngga melemah? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Jangan panik

Teman Sehat, tahukah kamu virus ini telah menyebar ke ribuan orang di seluruh dunia? Yap, hal itu tentu menimbulkan keresahan bagi banyak orang. Tapi, kamu jangan sampai terlalu panik ataupun over thingking hingga menjadi stres, karena hal ini bisa menyababkan melemahnya sistem kekebalan tubuh kamu.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Dragos dan Tanasescu, stres psikologis bisa merusak sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagi respon terhadap vaksin, sehingga membuat bakteri jahat yang menginfeksi tubuh menjadi lebih kuat.

Perlu diingat ya, bahwa banyak orang-orang yang bisa sembuh dari virus ini. Perasaan bahagia akan meningkatkan kekebalan tubuhmu. Walaupun tetap harus berada di dalam rumah, ngga akan menghalangimu untuk bisa tetap bahagia. Sekedar ngobrol dan bercanda dengan orang tersayang via aplikasi di gawai kamu, juga bisa membuatmu bahagia, loh!

Perhatikan kesehatan pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan juga perlu kamu perhatikan, loh! Hal ini dikarenakan sistem pencernaan merupakan tempat dibetuknya sistem kekebalan tubuh seseorang. Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Sudarmo, saluran cerna merupakan organ terbesar dalam dalam pertahanan tubuh. Produksi antibodi dan sel penghasinya, banyak ditemukan pada saluran cerna.

Konsumsi makanan denga pola gizi seimbang, merupakan salah satu kuncinya. Selain itu, konsumsi buah dan sayur lebih banyak karena mengandung serat, vitamin, dan mineral yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan saluran pencernaan, khususnya di usus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagai kofaktor untuk mengaktifkan enzim-enzim di dalam tubuh. Jangan lupa, konsumsi makanan dengan kandungan probiotik, karena bakteri baik di dalamnya akan meningkatkan pertahanan di dalam tubuh.

Bergerak

Dirumah aja bukan alasan untuk malas-malasan ya, Teman Sehat. Kalau pergerakannya ngga banyak, maka fungsi dari imun kamu akan cenderung ngga optimal. Yap, hal ini dikarenakan zat gizi dari makanan yang kamu konsumsi akan lebih lama tercerna karena ngga adanya aktivitas yang dilakukan.

Dikutip dari penelitian Allison. kebiasaan hidup yang ngga banyak melakukan aktivitas fisik (sedentary behavior) dikaitkan dengan kurang optimalnya sistem kekebalan tubuh, peradangan sistemik kronis, penyakit paru-paru, dan penyakit kronis lainnya. Wah pasti kamu ngga mau kan terkena risiko ini? Kamu bisa melakukan beberapa pilihan kegiatan olahraga secara indoor nih, yaitu aerobik, yoga, hula-hoop, dan lain sebagainya.

Jadi Teman Sehat, sudah tahu ya beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Di tengah kondisi yang seperti ini, tentunya kamu perlu menjaga kesehatan tubuh. Makan teratur dengan pola makan gizi seimbang, personal hygine, dan juga selalu berdoa kepada Tuhan, perlu kamu lakukan. #staysafe, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *