Ingin Anak Cerdas? Yuk, Lakukan Stimulasi Kognitif Sejak Dini!

Anak Main

Kamu ingin punya anak/adik/sepupu yang cerdas? Kecerdasan dipengaruhi oleh kemampuan kognitif. Kognitif adalah proses mental yang menghasilkan pengetahuan dan pemahaman. Nah sekarang saatnya cari tau tentang stimulasi kognitif.

Anak Main2

Apakah yang dimaksud dengan stimulasi kognitif?

Stimulasi kognitif adalah “upaya orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif dan bahasa anak-anak mereka dengan melibatkan mereka dalam kegiatan yang meningkatkan kegiatan belajar dan dengan menawarkan lingkungan yang kaya akan bahasa untuk anak-anak mereka” (Tucker-Drob dan Harden, 2012).

Mengapa stimulasi kognitif sangat penting bagi kecerdasan anak?

Siswa yang memiliki lingkungan yang memicu stimulasi kognitif di rumahnya dengan memiliki buku-buku, alat musik, dan komputer/laptop dapat memengaruhi mereka secara akademik (Eamon, 2005). Orang tua yang menggunakan sumber daya untuk menciptakan atmosfer yang mendukung untuk belajar, akan memberikan dampak positif bagi prestasi belajar anak.

Apa yang memengaruhi stimulasi kognitif pada anak?

Pola asuh orang tua, yang sangat berkaitan dengan latar belakang orang tua yang terdiri atas pendidikan terakhir, pekerjaan, dan pendapatan, terbukti memengaruhi stimulasi kognitif anak yang dapat berpengaruh pada prestasi belajar (Clearfield dan Niman, 2012; Eamon, 2005).

Bagaimana cara melakukan stimulasi kognitif pada anak?

Stimulasi kognitif dapat dilakukan melalui banyak cara.

  1. Ketika anak berusia 9-24 bulan, stimulasi dapat diberikan dengan meningkatkan interaksi antara anak dengan orang tua, khususnya ibu, melalui permainan.
  2. Orang tua juga sebaiknya menyediakan banyak buku di rumah. Jumlah buku yang tersedia di rumah merupakan aspek penting untuk mendorong minat membaca siswa, baik sebagai hiburan ataupun belajar, dan mendorong terjadinya diskusi antar anggota keluarga mengenai apa yang mereka baca, sehingga tersedia informasi, kekayaan imaginasi, kosakata, dan kemampuan bagi siswa untuk bereksplorasi.
  3. Saat ini telah banyak penelitian yang menunjukkan kemampuan bermain musik berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif dan prestasi belajar. Oleh karena itu, ketersediaan alat musik di rumah sangat penting untuk meningatkan stimulasi kognitif yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya.

Anak Bola

Selain memberikan stimulasi kognitif yang baik pada anak, jangan lupakan bahwa asupan zat gizi juga sangat penting dalam meningkatkan fungsi kognitif anak. Setelah mengoptimalkan stimulasi kognitif dan asupan zat gizi, anak akan memiliki peluang yang semakin besar untuk menjadi cerdas. Mari lakukan ini demi generasi bangsa yang lebih cemerlang!

Simak juga bagaimana cara memilih mainan yang tepat untuk anak 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.