Inilah 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Donor Darah!

Teman Sehat, pasti kamu udah ngga asing lagi dengan kegiatan yang satu ini. Yap, donor darah merupakan kegiatan ketika seseorang secara sukarela mentransfusikan darahnya kepada orang lain yang membutuhkan.

Selain untuk membantu sesama, donor darah juga bermanfaat loh, bagi kesehatan tubuh kamu! Oh iya, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan kegiatan ini. Mau tahu apa aja? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Konsumsi makanan yang cukup dan bergizi

Membiarkan perut kosong sebelum melakukan kegiatan ini, merupakan hal yang perlu kamu hindari. Mengapa? Karena mengonsumsi makanan sebelum donor darah, akan memberikan energi bagi tubuh sekaligus menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuh stabil.

Oleh sebab itu, terapkanlah pola makan teratur beberapa hari hingga beberapa jam sebelum mendonorkan darah. Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ayam, ikan, daging merah, dan sejumlah jenis buah serta sayur sebelum mendonasikan darahmu.

2. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat

Melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat seperti olahraga angkat beban, bermain futsal, maupun olahraga berat lainnya, sangat ngga dianjurkan bagi kamu yang ingin mendonorkan darah. Mengapa? Karena aktivitas fisik yang terlalu berat sebelum melakukan kegiatan ini dalam waktu dekat, akan membuat kmau menjadi cepat lelah. Hal ini dilakukan guna menjaga agar tubuh tetap bugar saat donor darah.

3. Istirahat yang cukup

Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum melakukan kegiatan ini. Usahakan untuk tidur selama 8-9 jam sebelum kegiatan ini di lakukan. Hal ini dikarenakan agar tubuh kamu senantiasa bugar dan ngga lemas pasca melakukan donor.

4. Konsumsilah air putih

Persiapan selanjutnya adalah banyak mengonsumsi air putih. Air putih berfungsi untuk menjaga agar tubuh tetap ngga kekurangan cairan tubuh (terhidrasi). Selain itu, air putih juga berfungsi untuk mencegah darah mengental, sehingga menghambat aliran darah. So, konsumsilah secara rutin air putih secara teratur setiap hari sebanyak 8-10 gelas per harinya.

5. Berpakaianlah yang nyaman

Teman Sehat, saat melakukan kegiatan ini, gunakanlah pakaian yang nyaman agar ngga mengganggu pergerakan kamu. Pilihlah pakaian lengan pendek atau jika kamu menggunakan lengan panjang, usahakan pakaian cukup longgar. Hal ini dilakukan agar memudahkan petugas menggulung pakaian kamu hingga siku saat akan mengambil darah.

Nah, itulah itulah beberapa informasi seputar persiapan sebelum donor darah yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan kegiatan ini. Harapannya kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan lancar dan membawa manfaat bagi penerima donor maupun diri sendiri.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *