Intip Manfaat Berjemur bagi Tubuh!

Teman Sehat, menyambut weekend yang cerah ini,  sudahkah kamu berjemur? Yap, berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat penting bagi tubuh, loh! Katanya, berjemur bisa memperkuat sistem imun, benarkah? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Asupan zat gizi bagi tubuh

Ns. Muhammad Nurman, M.Kep., salah seorang dosen FIK UP mengungkapkan bahwa sistem imun manusia sudah ada sebagai bawaan genetik. Nah, sistem imun mu, membutuhkan tambahan ‘kekuatan’ atau imun buatan dari vaksin dan asupan makanan. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga bisa membentuk sistem imun yang kuat, ditambah dengan banyak meminum air mineral agar metabolisme tubuh menjadi lancar.

Kapan waktu yang tepat?

Tahukah kamu, ternyata ngga semua  sinar matahari baik bagi kesehatan tubuh, loh! “Sinar matahari pada pukul 10 pagi, merupakan waktu yang tepat, karena matahari akan memancarkan sinar ultraviolet (UV) B yang gelombangnya lebih pendek. Di daerah khatulistiwa, sekitar jam 10.00 WIB sinar ini sudah ada.”

“Ketika sinar ini masuk ke dalam tubuh akan membawa provitamin B3. Zat ini bersama dengan kolesterol di bawah kulit manusia (B3) akan membentuk D3. Vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia.” Imbuh Ahli gizi Dokter Tan Shot Yen

Sinar matahari baik bagi imun tubuh

Sinar matahari, juga bisa membantu menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, loh! Inilah salah satu alasan sinar matahari bisa membantu pengobatan autoimun seperti psoriasis.

Sel darah putih akan meningkat seiring dengan banyaknya paparan sinar matahari. Hal inilah yang berperan penting dalam memerangi penyakit dan menjaga tubuh dari infeksi. Paparan sinar matahari yang cukup, sangat membantu sistem kekebalan tubuh kamu, loh!

Sumber vitamin D alami

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr. Madarina Julia, Sp.A(K),MPH.,Ph.D., mengungkapkan bahwa tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Sinar ini, bisa menjadi salah satu sumber vitamin D alami.

Tapi jangan lupa, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang ditambah konsumsi air mineral. Hal ini dikarenakan, air mineral akan membantu metabolisme tubuh menjadi lancar. Oh iya, istirahat cukup juga diperlukan, loh! Setiap manusia, normalnya membutuhkan tidur selama 6-8 jam dari 24 jam, agar sistem imun bekerja untuk meregenerasi sel tubuh.

Nah, Teman Sehat itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai manfaat berjemur sinar matahari. Jadi, weekend ini mau dimulai berjemurnya? Jangan lupa ajak orang terdekatmu untuk membaca manfaatnya pada artikel ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *