Ketahui Perjalanan Obat di dalam Tubuh!

Halo Teman Sehat! Setelah kamu membaca artikel sebelumnya tentang berbagai jenis obat, pernah ngga Teman Sehat kebayang apa yang terjadi saat obat-obat itu masuk ke dalam tubuh? Penasaran sama proses yang dialami obat di dalam tubuh? Yuk, simak di sini!

Teman Sehat, obat menjadi bahan yang dikenal bisa menghilangkan rasa sakit atau memperbaiki kondisi tubuh agar tubuh bisa mencapai kondisi seperti semula atau sembuh.

Sebelum masuk ke dalam tubuh, ada 4 macam cara obat masuk ke dalam tubuh:

  • Per oral atau cara memasukkan obat dengan cara diminum seperti biasa.
  • Per inhalan atau menghirup obat yang akan dimasukkan ke dalam tubuh.
  • Injeksi atau memasukkan obat dengan menggunakan jarum suntik dan biasanya langsung ke dalam sel otot atau ke dalam vena.
  • Suppositoria atau cara memasukkan obat melalui salah satu organ tubuh seperti anus, vagina, dsb.

Setelah obat dimasukkan ke dalam tubuh, apa yang terjadi selanjutnya, Teman Sehat? Yuk, simak!

Absorpsi

Apa sih absorpsi itu, Teman Sehat? Yap, absorpsi adalah proses yang terjadi setelah obat dimasukkan ke dalam tubuh melalui empat cara di atas, Teman Sehat! Ini adalah proses berpindahnya obat dari tempat pemasukkannya ke dalam aliran darah.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi absorpsi, diantaranya karakteristik kimiawi obat yang dikonsumsi dan kemampuannya untuk melewati membran, kualitas formula obat, dan interaksinya dengan makanan yang dikonsumsi berdekatan dengan pemasukan obat oral.

Distribusi

Setelah diabsorpsi (berpindah ke dalam aliran darah), obat akan berpindah dari peredaran menuju berbagai bagian tubuh seperti di hati untuk dimetabolisme lebih lanjut!

Metabolisme

Teman Sehat, tahukah kamu di mana tempat obat dimetabolisme? Yap, metabolime obat utamanya terjadi di hati, Teman Sehat! Selama metabolisme obat yang dibantu oleh enzim cP-450, terjadi pengubahan senyawa obat yakni senyawa larut lemak menjadi senyawa larut air sehingga bisa dikeluarkan kembali dari tubuh, Teman Sehat!

Ekskresi

Nah, yang terakhir adalah proses ekskresi, Teman Sehat! Ekskresi adalah pengeliminasian obat yang dikonsumsi baik berupa obat utuh atau sisa metabolitnya, Teman Sehat!  Proses ini melibatkan organ ginjal, empedu atau cairan tubuh.

Itulah beberapa proses perjalanan obat di dalam tubuh kamu, Teman Sehat! Ngga mau sering-sering minum obat? Yuk, terapkan pola hidup bergizi seimbang, rajin berolahraga, rajin makan sayur dan buah serta istirahat yang cukup, ya Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *