Ketombe Susah Hilang? Yuk, Coba 5 Bahan Alami ini!

Halo Teman Sehat! Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang dialami kebanyakan orang. Rasa gatal, panas, dan rontoknya butiran-butiran ketombe ke baju pasti bikin kamu ngga pede. Ngga heran banyak orang yang rela gonta-ganti shampo untuk mengatasi masalah ini. Tapi, efektif ngga sih mengusir ketombe hanya dengan mengandalkan shampo?

Ketombe merupakan gangguang kulit kronis yang umumnya ditandai dengan mengelupasnya kulit di bagian kepala. Ketombe disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: iritasi, kulit berminyak, jarang keramas, banyaknya sel-sel kulit mati, serta kulit kepala yang kering. (Mayo Clinic)

Nah, selain mengandalkan shampo untuk mengusir ketombe, Teman Sehat juga bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut! Khasiatnya bisa bikin ketombe menghilang dan rambutmu menjadi sehat kembali. Yuk, cari tahu!

1. Lemon

Mendengar buah yang satu ini pasti Teman Sehat kebayang segelas jus lemon yang segar. Tapi, ngga cuma dimanfaatkan sebagai minuman loh, buah bernama latin Citrus limon ini juga memiliki manfaat mengusir ketombe dan menjaga kesehatan rambut. Dalam penggunaannya, lemon bisa dicampurkan dengan shampo herbal. Lemon kaya akan vitamin C yang bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit.

2. Euchaliptus

Tanaman yang satu ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan minyak kayu putih dengan manfaat menghangatkan badan. Tapi, jangan salah loh, karena Euchaliptus juga bisa dimanfaat untuk mengusir ketombe. Caranya gampang banget, cukup campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan minyak kelapa kemudian usap dan pijit-pijit ke kulit kepala. Hal ini bisa menghilangkan kerak-kerak dan ketombe yang menempel.

3. Kelapa dan madu

Teman Sehat bisa menggabungkan minyak kelapa, minyak biji anggur, youghurt, dan madu untuk dibuat masker. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, kemudian pijat dan diamkan 20-40 menit. Lalu, bilas dengan shampo dan air mengalir. Ngga cuma menghilangkan ketombe, kombinasi bahan-bahan alami ini bisa membuat rambut lebih berkilau serta menjaga kelembaban kulit rambut.

4. Lidah buaya

Bahan alami yang satu ini pasti udah terkenal dengan segudang manfaatnya bagi rambut. Untuk menghilangkan ketombe, haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan dipermukaan kulit kepala dan diamkan 30 menit. Lakukan secara rutin ya Teman Sehat, supaya ketombe bisa hilang secara bertahap!

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-mikrobial yang bisa membasmi bakteri penyebab ketombe. Caranya simpel banget! Cukup kupas bawang putih, lalu gosokkan secara merata ke seluruh kulit kepala. Teman Sehat juga bisa menambahkan madu untuk menghilangkan baunya yang menyengat.

Nah, ternyata banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi ketombe yang membandel. Selain 5 bahan alami di atas, masih banyak lagi bahan alami yang bisa Teman Sehat manfaatkan. Dari nomor 1 sampai 5, Teman Sehat pengen coba yang mana?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.