Khasiat Komplit Madu bagi Kesehatan Tubuh

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk penggemar madu? Selain rasanya yang manis, madu pun mudah dipadu-padankan dengan berbagai jenis makanan dan minuman. Inilah yang menjadikan madu sebagai salah satu bahan wajib di meja makan. Madu pun sangat bervariasi loh, sehingga Teman Sehat bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Madu udah sejak lama diketahui memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Nah, berikut adalah lima khasiat madu yang paling populer dan telah teruji secara ilmiah.

1. Madu untuk memperkuat sistem imun

Selain kandungan utamanya berupa air, madu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat aktif lainnya. Madu terbukti memiliki kemampuan sebagai agen anti imflamasi/perandangan, antioksidan, dan antibakterial. Madu memiliki potensi untuk memerangi bakteri resisten di dalam tubuh seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa dan Acinetobacterbaumanni. Sebagai agen anti inflamasi, madu berguna untuk pencegahan inflamasi kronik seperti aterosklerosis, diabetes mellitus, dan penyakit kardiovaskular.

2. Madu dan penyembuhan luka serta pengobatan diabetes

Madu adalah zat penyembuh luka yang sudah digunakan sejak lama dalam sejarah peradaban manusia. penelitian eksperimental membuktikan bahwa sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antibakterial pada madu lah yang berperan penting dalam penyembuhan ini.  Selain itu, terdapat bukti kuat yang menunjukan bahwa madu memberikan efek positif dalam pengobatan diabetes mellitus. Dalam satu uji klinis pada diabetes tipe 1 dan 2, pemberian madu berkaitan dengan penurunan yang signifikan pada indeks glikemik.

3. Madu dan kanker

Studi terbaru menunjukan bahwa madu dapat memberikan efek anti-kanker melalui beberapa mekanisme. Madu berperan dalam modifikasi respons imun serta ‘merusak dan mengganggu’ siklus perkembangan berbagai jenis sel-sel kanker. Selain itu, madu juga menghambat pembentukan beberapa sel tumor loh!

4. Madu dan asma

Madu diketahui bisa mengobati peradangan, batuk, dan deman. Selain itu, studi juga menunjukan bahwa madu bisa mengurangi gejala asma serta mencegah munculnya asma. Bahkan dengan menghirup madu saja bisa loh mencegah terjadinya asma! Studi lebih lanjut untuk penemuan ini masih perlu dilakukan.

5. Madu dan penyakit kardiovaskular

Antioksidan dalam madu seperti flavonoid, polifenol, vitamin C, dan monofenolik berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Pada penderita penyakit jantung koroner, madu berperan dalam pelebaran pembuluh darah, mengurangi risiko pembekuan darah, dan mencegah lemak jahat (LDL) terbentuk. Beberapa studi juga menunjukan madu polifenol mempunyai manfaat obat yang menjanjikan untuk mengurangi gangguan kardiovaskular.

6. Madu dan penyakit saraf

Madu dipercaya sebagai salah satu agen antioksidan saraf yang menjanjikan. Madu memberikan efek ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan, dan antinosiseptif yang bermanfaat bagi sistem saraf pusat. Lebih jauh, madu polifenol dapat mengurangi peradangan saraf, mencegah gangguan memori, dan berbagai efek positif lainnya.

7. Madu dan gangguan pencernaan

Madu terbukti berpotensi dalam menanggulangi berbagai masalah pada salurang pencernaan, termasuk gangguan gigi dan mulut.

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan pernah ragu untuk memasukan madu ke dalam list diet harianmu!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *