Mengenal Osteoporosis dan Upaya Pencegahannya

Hai Sahabat Sehat! Pernah ngga sih dengar istilah “osteoporosis”? Mungkin kamu penah mendengarnya di iklan tv dengan ilustrasi orang lanjut usia. Tapi apa sih sebenernya osteoporosis itu? Gimana upaya pencegahannya? Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini ya.

mengenal osteoporosis dan pencegahannya
Foto: Freepik.com

Mengenal Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kelainan pada tulang akibat gangguan metabolisme, sehingga tubuh kehilangan kemampuannya dalam menyerap dan memanfaatkan zat-zat yang diperlukan untuk proses pematangan tulang. Seseorang yang menderita osteoporosis, mengalami pengurangan masa tulang dibandingkan dalam keadaan normal. Sehingga tulang akan lebih ringan dan rapuh dari biasanya. Proses pengurangan ini terjadi pada seluruh tulang dan mengalami keberlanjutan.

Biasanya osteoporosis digambarkan oleh lansia, karena memang lebih berisiko mengalaminya. Tapi, ngga menutup kemungkinan juga dialami oleh yang yang masih berusia muda. Osteoporosis lebih banyak terjadi pada perempuan karena hal ini berkaitan dengan defisiensi atau kekurangan estrogen menginjak masa menopause, sedangkan pada laki-laki lebih dikarenakan proses usia lanjut.

Selain itu, osteoporosis juga bisa terjadi karena masalah gizi, penggunaan obat-obatan tertentu dalam jagka panjang, gangguan haid pada wanita serta kurangnya paparan sinar matahari. Berikut upaya yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap osteoporosis

Konsumsi pangan mengandung kalsium

Kalsium bisa didapatkan dari makanan yang sehari-hari dikonsumsi. Beberapa jenis pangan yang mengandung kalsium, seperti susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, seafood, tempe dan tahu. Selain itu, mengonsumsi pangan yang mengandung vitamin D dan isoflavon bisa meningkatkan penyerapan protein dalam tubuh, loh!

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud, yakni berupa aktivitas yang membebankan pada anggota gerak tubuh dan adanya tekanan pada aksis tulang seperti jogging, jalan naik turun bukit dan lainnya. Seseorang yang pada masa mudanya kurang beraktivitas fisik, memiliki potensi besar menderita osteoporosis.

Tapi, ngga dianjurkan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, seperti aktivitas yang bisa menganggu siklus menstruasi pada perempuan. Ini dikarenakan aktivitas tersebut justru bisa mengkibatkan terjadinya peningkatan kehilangan massa tulang. Kehilangan massa tulang akibat aktivitas fisik yang terlalu berat ngga hanya dialami perempuan, melainkan juga bisa terjadi pada laki-laki.

mengenal osteoporosis dan upaya pencegahannya
Foto: Pexels.com

Pola hidup sehat

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga, kamu juga perlu mengetahui faktor lainnya yang bisa menurunkan absorpsi (penyerapan) kalsium, meningkatkan resorpsi atau pengeroposan tulang, atau mengganggu pembentukan tulang. Misalnya seperti, membatasi atau bahkan menghindari rokok, minuman beralkohol dan konsumsi obat yang berkaitan dengan terjadinya osteoporosis.

Sahabat Sehat kini sudah tahu kan apa itu osteoporosis dan beberapa upaya pencegahannya. Osteoporosis termasuk penyakit tersembunyi yang gejalanya terkadang ngga terdeteksi di awal, tapi gejalanya bisa tiba-tiba muncul. Oleh karena itu, yuk mulai biasakan pola hidup sehat sedini mungkin.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Khomsan Ali, 2004. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Nuhonni, SA,2000. Osteoporosis dan Pencegahannya. FKUI,Jakarta.

Yatim, F, 2000. Osteoporosis Penyakit Kerapuhan Tulang PadaLansia. Depkes RI, Jakarta.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.