‘Pregnancy dan Baby Brain’, Ketika Ibu Hamil Mendadak Pelupa dan Ceroboh

Halo Teman Sehat! Pernahkah ngga sih kamu mendengar kalau ibu hamil mendadak jadi pelupa? Atau kamu pernah ngalamin sendiri? Banyak ibu hamil yang secara sadar ataupun tidak tiba-tiba menjadi suka lupa, ceroboh, bingung, dan mudah hilang fokus. Nah, ternyata perubahan yang terjadi pada ibu hamil bukan hanya di perut yang membesar, tapi juga emosi dan fungsi kognitif. Apakah ya penyebabnya?

Hormonal, merupakan asal dari semua perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Penyesuaian fisiologis atau fungsi-fungsi tubuh yang mengikuti perubahan hormonal ini menyebabkan banyak perubahan pada si ibu termasuk fungsi kognitifnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa 50-80% ibu hamil mengalami penurunan kemampuan dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang mengandalkan daya ingat. Kondisi ini kemudian banyak disebut sebagai Pregnancy Brain atau Baby Brain, ada juga yang menyebut ‘mumnesia’ atau keadaan ‘seakan amnesia’ yang dialami ibu hamil. Nah, gimana sih kondisi ini sebenarnya?

Mitos atau fakta?

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Deakin University dalam The Medical Journal of Australia menyatakan bahwa Mumnesia ini disebabkan oleh penurunan fungsi kognitif yang ternyata efek dari ‘pengurangan grey matters’ atau materi abu-abu pada otak. Bagian ini berperan dalam kontrol otot, persepsi indera seperti melihat dan mendengar, memori, emosi, ucapan, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri. Kondisi ini dapat juga disebabkan oleh psikis ibu hamil yang diliputi rasa gelisah menanti buah hati, fokus pada persiapan persalinan dan mengasuh anak atau beban fikiran lain yang mengganggu pada masa kehamilan. So, kondisi pregnancy brain ini benar adanya ya, Teman Sehat!

Normal atau Tidak?

Ternyata, rasa gelisah, mudah lupa, ceroboh dan bingung ini normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini bersifat fisiologis sebagai respon terhadap perubahan fisik yang dialami ibu hamil. Gangguan ini pun sifatnya tidak berefek jangka panjang bahkan umumnya hanya dirasakan oleh ibu hamil itu sendiri dan orang terdekat di sekitarnya.

Bagaimana cara mengatasi mumnesia?

Teman Sehat ngga perlu khawatir berlebihan, berikut ada lima cara praktis yang bsia dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

  • Mencatat hal-hal penting, seperti to-do-list harian atau hal yang sekiranya mudah terlupa, agar kondisi ini ngga mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Menjaga kerapian rumah serta meletakkan sesuatu pada tempatnya, ini juga bisa membantu ibu hamil dari rasa kebingungan yang memperburuk keadaan saat lupa meletakkan suatu barang.
  • Tidur teratur dan cukup tentunya penting untuk menjaga otak tetap fokus saat kita terjaga.
  • Berolahraga dan makan makanan bergizi untuk menjaga tubuh tetap sehat, fresh dan terbebas dari stress.
  • Berbagi pekerjaan dan bercerita kepada pasangan atau orang terdekat untuk menjaga diri dari rasa lelah fisik dan psikis.

Nah, ternyata perubahan yang dirasakan ibu hamil tentunya bukanlah hal yang menakutkan, sebaliknya, inilah cara tubuh beradaptasi dengan hadirnya calon bayi di dalam rahim yang akan tumbuh hingga nanti masanya bertemu dengan ayah dan bunda. Yuk, stay positive bagi Teman Sehat yang sedang hamil dan menjadi calon ibu, ayah, dan om tante yang supportif untuk pertumbuhan si kecil!

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *