Serba Serbi Keamanan Vaksin COVID-19 pada Anak

Sahabat Sehat, berita mengenai kasus COVID-19 di Indonesia dalam sepekan ini masih mengalami kenaikan. Hal ini di dukung oleh data yang dilansir dari laman Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per tanggal 9 Juli 2021 yang menunjukkan dua juta kasus terkonfirmasi positif. Penyebaran kasus ini dijumpai dalam berbagai rentang usia, termasuk usia anak 1-18 tahun yaitu sebesar 12,6% (1 dari 8 orang yang terjangkiti virus adalah anak-anak).

Prevalensi kasus COVID-19 pada anak yang meningkat ini menjadi dasar bagi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) untuk merekomendasikan percepatan pemberian vaksinasi sebagai upaya pemutusan rantai penularan. Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Indonesia telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Bio Farma untuk anak usia 12-17 tahun dengan dosis 3 mikrogram (0,5 ml) dalam dua kali suntikan intramuskular dengan rentang waktu 28 hari. Sedangkan, usia di bawah 12 tahun masih dalam proses pengkajian untuk mengevaluasi dosis keamanannya.

vaksinasi pada anak
Foto: Pexels.com

Apakah benar vaksin COVID-19 aman pada anak 12-17 tahun ?

Vaksin COVID-19 Bio Farma diperoleh dari virus SARS-CoV-2 yang dimatikan dengan tujuan untuk membangun sistem kekebalan tubuh terhadap virus penyebab COVID-19. Pemberian vaksin ini didukung oleh data uji klinis fase 1 dan 2 yang menunjukkan hasil keamanannya dan serokonversi yang tinggi. Pertimbangan vaksinasi yang dimulai dari usia anak 12-17 tahun berdasarkan pada jumlah subyek uji klinis yang akseptabel, tingkat mobilisasi di luar rumah yang tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan keluhan pasca imunisasi.

Kontraindikasi Vaksin COVID-19

Pelaksanaan vaksin COVID-19 ini tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti kondisi khusus yang ngga disarankan untuk dilakukan proses inokulasi. Adapun masalah kesehatan yang menjadi kontraindikasi, antara lain:

  1. Alergi terhadap vaksin dan bahan lain yang ada di dalam vaksin.
  2. Penyakit kelainan sistem imunitas tubuh, seperti defisiensi imun primer dan autoimun,
  3. Masa pengobatan kanker,
  4. Demam ≥ 37,5 ºC,
  5. Sedang atau pernah terinfeksi COVID-19 < 3 bulan
  6. Imunisasi lain < 1 bulan,
  7. Hamil dan menyusui,
  8. Penyakit kronik, seperti kelainan kongenital, hipertensi dan diabetes melitus yang ngga terkendali.
vaksinasi covid-19 untuk anak
Foto: Pexels.com

Apa efek samping yang mungkin bisa muncul pasca vaksinasi?

Setiap pemberian vaksin COVID-19 berpotensi timbulnya efek samping yang bisa bersifat lokal maupun sistemik dengan derajat ringan sampai sedang. Pelaporan efek samping yang berhasil dihimpun dari uji klinis pada 10.000 subyek manusia di berbagai negara, seperti Indonesia, China, Brazil dan Turki menunjukkan ngga ada efek yang serius.

Efek lokal, antara lain:

  1. Nyeri pada area penyuntikan,
  2. Bengkak,
  3. Eritema,
  4. Gatal,
  5. Kemerahan, dan
  6. Menurunnya sensasi hingga memudarnya warna kulit.

Efek sistemik, seperti:

  1. Nyeri otot,
  2. Peningkatan suhu tubuh,
  3. Mudah lelah,
  4. Mual, muntah, dan
  5. Sakit kepala

Sahabat Sehat, ngga semua populasi anak termasuk ke dalam kriteria yang layak mendapatkan vaksin ini. Nah, mengingat tingkat penyebaran infeksi virus ini sangatlah cepat, maka anjuran vakinasi juga bisa kamu pertimbangkan loh, asalkan ngga memiliki kontraindikasi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Idai.or.id/Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2021. Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia terkait Pemberian Vaksin COVID-19 pada Anak dan Remaja. https://www.idai.or.id/tentang-idai/pernyataan-idai/rekomendasi-ikatan-dokter-anak-indonesia-terkait-pemberian-vaksin-covid-19-pada-anak-dan-remaja Diakses 10 Juli 2021

BPOM. 2021. Informasi Produk untuk Peserta Vaksinasi menggunakan Vaksin COVID-19 Biofarma untuk Pencegahan COVID-19 pada Usia 12 tahun atau lebih. http://pionas.pom.go.id/obat-baru/vaksin-covid-19-suspensi-injeksi-3mcg  Diakses 10 Juli 2021

Covid19.go.id. 2021. Peta Sebaran COVID-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19 Diakses 10 Juli 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.