Tips Belajar di Rumah agar tetap Disiplin dan Menyenangkan

Halo, Teman Sehat! Ditengah maraknya penyebaran virus Corona atau Covid-19, meliburkan sekolah menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memutus rantai  virus tersebut agar mengurangi penyebaranya. Anak-anak diliburkan sekolah selama 2 pekan atau 14 hari untuk belajar di rumah.

World Health Organization atau WHO menyatakan bahwa 2 sampai 14 hari adalah masa inkubasi atau terjadinya infeksi dan timbul gejala dari virus Corona. Waktu ini dianggap bisa mencegah penyebaran virus tersebut. Libur sekolah bukan berarti proses belajarnya ditiadakan, karena kegiatan ini dipindahkan ke rumah. Nah, berikut ini tips agar si kecil tetap disiplin belajar di rumah. Yuk, simak!

1. Menjelaskan situasi

Kmau perlu menjelaskan kepada si kecil mengenai situasi dan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Jelaskan kepadanya, mengapa sekolah diliburkan. Berikan pemahaman bahwa libur sekolah ini bukan waktunya untuk piknik atau liburan yang bisa dijadikan alasan untuk ngga belajar.

Orang tua juga harus memberikan penjelasan bahwa libur sekolah kali ini merupakan cara atau upaya untuk mencegah si kecil terkena virus Corona. Penularan virus ini lebih cepat dan berisiko jika mereka berada di tempat ramai seperti sekolah.

2. Menetapkan jadwal

Tidak adanya kegiatan di sekolah, membuat si kecil menganggapnya sebagai waktu untuk bermain. Pada situasi seperti ini, peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua perlu mengingatkan si kecil untuk tetap melakukan kegiatan di sekolah, walaupun dilakukan di rumah selama liburan tanpa menggunakan seragam. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa tetap disiplin.

Kamu juga perlu bertindak seperti biasanya ketika anak akan pergi sekolah. Misalnya, si kecil dibangunkan pagi hari, mengajaknya ibadah, mandi, makan, bersiap-siap untuk belajar, istirahat, bermain hingga tidur pun harus dijadwalkan dengan teratur.

3. Mendampingi si kecil

Keberhasilan seorang anak ngga terlepas dari peran orang tua. Ketika sekolah diliburkan, tentu si kecil akan tetap membutuhkan guru yang bisa mengajarinya. Kamu bisa berperan sebagai pendamping untuk menjelaskan materi yang sedang dipelajarinya.

Jika menemui kesulitan, ngga ada salahnya kamu bertanya dan konsultasi kepada guru atau mencari informasi yang tepat agar si kecil bisa memahami pelajarannya. Kamu juga bisa memanfaatkan media pembelajaran online untuk memudahkan anak belajar. Pembelajaran daring atau online ini bisa disesuaikan dengan materi yang si kecil butuhkan.

4. Membangun suasana yang nyaman

Ketika belajar dirumah, penting bagi kamu untuk membuat tempat belajar yang nyaman untuk si kecil. Tempat belajar dengan suasana yang nyaman akan membuat si kecil lebih mudah fokus dan berkonsentrasi saat belajar. Hindari tempat atau hal-hal di rumah yang bisa menimbulkan kebisingan dan mengganggu proses belajarnya.

Nah, Teman Sehat itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah. Pada situasi dan kondisi seperti ini, si kecil tetap perlu belajar agar ngga tertinggal dari materi pembelajarannya di sekolah. Tapi, yang paling penting adalah tetap jaga kesehatan dan kebersihan kelaurgamu, ya! #staysave semuanya, semoga bermanfaat.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *