Waspada! Kenali Kanker dan Faktor Penyebabnya

Hai Sahabat Sehat! Kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup familiar dan banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat. Pada tahun 2020, jumlah kasus baru kanker di Indonesia sudah mendekati angka 400.000 dan 230.000 diantaranya telah kehilangan nyawa akibat penyakit ini. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan di bawah supaya bisa lebih mengenal tentang penyakit kanker.

faktor risiko kanker
Foto: Pexels.com

Pengertian Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tidak normal dengan tumbuh sangat cepat dan tidak terkendali, serta menekan jaringan tubuh sehingga akan mempengaruhi organ tubuh. Seiring dengan pertumbuhannya, sel kanker dapat menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh.

Tahapan Penyakit Kanker

Penyakit kanker tahap awal memasuki stadium satu, yakni kanker telah masuk ke lapisan sekitarnya. Tahap stadium dua, kanker menyebar ke jaringan terdekatnya akan tetapi tidak sampai ke kelenjar getah bening. Pada stadium tiga, kanker sudah menyebar pada kelenjar getah bening tetapi tidak sampai ke organ tubuh. Tahap selanjutnya adalah stadium akhir atau stadium empat, pada tahap ini kanker sudah menyebar ke organ tubuh dan jaringan lainnya.

Gejala Penyakit Kanker

Gejala yang muncul ada pada bagian organ tubuh yang diserang sesuai dengan jenis kanker yang diderita. Pada tahap awal, akan bergejala berupa kelelahan secara terus menerus, demam yang diakibatkkan sel kanker ini menyerang sistem pertahanan tubuh. Gejala lanjutannya akan berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat keganasan dari kanker yang diderita. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan rambut yang tidak normal, penurunan berat badan yang cukup drastis dan nyeri akibat kanker sudah menyebar ke jaringan lainnya.

gejala kanker
Foto: Pexels.com

Faktor Penyebab Penyakit Kanker

Adapun faktor yang menyebabkan munculnya penyakit kanker ini dibedakan menjadi dua, faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik ini diturunkan dari orang tua. Biasanya kanker yang diturunkan dalam suatu keluarga antara lain, kanker payudara, kuit, usus besar, indung telur.

Faktor lingkungan berhubungan dengan pola hidup kurang sehat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung karsinogen, makanan berlemak tinggi, minuman beralkohol, kebiasaan merokok, diet salah dalam waktu lama, terpapar sinar ultraviolet dan radioaktif, pencemaran lingkungan atau polusi udara, mengalami gangguan pada kesimbangan hormon, dan infeksi virus.

Nah Sahabat Sehat sekarang sudah lebih mengenal mengenai penyakit kanker kan? Seperti yag sudah disebutkan di atas, kebiasaan atau gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker. Oleh karena itu, yuk mulai terapkan pola hidup sehat dari sekarang.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Akmal, M. dkk. 2010. Ensiklopedi kesehatan untuk umum. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Mulyani NS, Nuryani. 2013. Kanker Payudara dan PMS pada Kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika

Sunaryati, S.S. 2011. 14 Penyakit Paling Sering Menyerang dan Mematikan. Jogjakarta: Flash Books. https://www.gatra.com/news-502871-kesehatan-data-who-kanker-sebabkan-230-ribu-kematian-di-indonesia.html

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.