Yuk, Bangun Semangat dengan Konsep IKIGAI!

Hai, Sahabat Sehat! Gimana kabarnya? Sudah mulai sibuk dengan berbagai rutinitas harian kamu ya? Anyway, rutinitas yang kamu kerjain itu bikin bahagia ngga sih? Soalnya, banyak orang yang menjalani suatu hal tanpa semangat karena ngga enjoy menjalaninya. Atau dengan kata lain merasa “terpaksa” dan “terbebani”. Nah, buat kamu yang ngerasain hal ini, ternyata ada loh prinsip hidup bahagia yang membuat hidup lebih bermakna dan semangat menghadapi rutinitas sehari-hari. So, yuk cari tahu dengan simak penjelasan berikut!

Mengenal IKIGAI

IKIGAI ini merupakan konsep orang Jepang yang diterapkan untuk meningkatkan semangat hidup dan kerja. Budaya kerja keras di Jepang dengan peraturan ketat, terbiasa berdesakkan di kereta, sangat mungkin menjadi stres kehidupan kan? Nah, IKIGAI sebagai sebuah kata yang mirip dengan kebahagiaan cocok dengan kepercayaan orang Jepang “kebahagiaan kecil dalam kehidupan akan membuat hidup lebih berarti”.

mengenal IKIGAI dan manfaatnya
Foto: Pixabay.com

Ngga cukup dengan itu, IKIGAI juga menjadi suatu konsep umur panjang. Seperti di Okinawa, Jepang, jumlah penduduk usia diatas 100 tahun sangat besar, karena mereka menggunakan IKIGAI untuk mengetahui nilai, hal kesukaan, dan hal yang dikuasai. Tetapi, konsep IKIGAI ini ngga menjadi satu-satunya jalan, masih ada faktor lain seperti diet dan hidup sehat tentunya.

Apa saja manfaatnya?

Kalau sudah menemukan semangat dan motivasi hidup, apapun pekerjaan yang dijalani akan terasa lebih efisien, cepat, dan menyenangkan. Meskipun kurang menyukai rutinitas yang dilakukan, dengan menerapkan konsep IKIGAI kamu jadi memiliki etos kerja yang baik. Kamu meyakini bahwa apa yang kamu lakukan ngga hanya buat kamu, tapi juga berdampak baik buat orang lain.

manfaat menerapkan IKIGAI
Foto; Pixaby.com

Tentukan Elemen IKIGAI-mu Sendiri

Nah, terus gimana cara menerapkan IKIGAI ini? Ada beberapa aspek dari IKAGAI yaitu, love (sesuatu yang kamu sukai), talent (apa yang kamu kuasai), usefulness (manfaat bagi banyak orang), dan benefit (penghasilan). Keempat aspek tersebut dihubungkan juga dengan The 4 Actions, dengan gambaran sebagai berikut:

Passion: gabungan dari love dan talent. Apa yang kamu suka dan ternyata kamu menguasai hal itu. Menyenangkan banget ngga sih? Contohnya, kamu suka main sama anak kecil disamping itu kamu juga punya keahlian berkomunikasi dengan anak kecil.

Mission: gabungan dari love dan usefulness. Kamu ngelakuin suatu hal yang kamu suka dan itu bermanfaat bagi banyak orang. Contohnya, kamu ikut kegiatan volunteer di rumah belajar anak. Nah, disini kamu ngelakuin hal yang kamu suka dan bermanfaat buat banyak orang kan?

Profession: gabungan dari talent dan benefit. Contohnya, kamu bekerja sebagai guru TK atau pemilik rumah belajar. Yap, kamu yang mempunyai keahlian berkomunikasi dengan anak kecil memanfaatkan kemampuan itu sebagai salah satu pekerjaan kamu.

Vocation: gabungan dari usefulness dan benefit. Contohnya, karena terbiasa mengikuti kegiatan volunteer dan ternyata kontribusi kamu dinilai bagus. Nah, bisa aja kamu diajak bekerja sama dalam suatu project yang menguntungkan buat kamu.

Nah, kamu bisa belajar menemukan IKIGAI-mu sendiri supaya hidup kamu lebih seru buat dijalani! Tapi, IKIGAI bukan satu-satunya cara kok buat menemukan tujuan hidup. Kamu bisa eksplor berbagai cara untuk membuat semangat dalam menjalani hari. So, nikmati proses apa pun yang sedang kamu lakukan sekarang. Jika kamu mulai merasa lelah, istirahat sejenak ngga masalah kok. Break a Leg!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Andoyo LN. 2002. IKIGAI seni mencari alasan hidup disandingkan dengan falsafah hidup timur lainnya. Konferensi Hidesi XXX Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. https://www.researchgate.net/publication/344801640_IKIGAI_seni_mencari_alasan_HIDUP_-_disandingkan_dengan_Falsafah_Hidup_Timur_lainnya

BBC. 2017. IKIGAI: A Japanese concept to improve work and life. https://www.bbc.com/worklife/article/20170807-ikigai-a-japanese-concept-to-improve-work-and-life. Diakses pada 20 Oktober 2021.

Widisuseno I. 2019. Mengenal rahasia karakter orang Jepang: selalu menghargai proses, tidak hanya hasil (kajian budaya dalam pendekatan filosofis). Kirvoku. 3(4):221-225. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjWmey0xeXzAhVZXSsKHdFSDiMQFnoECAMQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.undip.ac.id%2Findex.php%2Fkiryoku%2Farticle%2Fdownload%2F27203%2F16319&usg=AOvVaw2_4bG85xQMOm5lmnBVmbhV

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.