Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dengan Mengonsumsi Makanan dan Zat Gizi Berikut!

Halo Teman Sehat! Banyak orang yang percaya bahwa “Senyummu mampu mengalihkan dunia ku”. Senyum terbukti mampu memberikan energi positif bagi orang lain, sehingga menebar senyum adalah salah satu hal baik yang harus dibiasakan. Tapi, apakah kamu pernah merasa tidak percaya diri untuk tersenyum? Nah, masalah kesehatan gigi adalah salah satu faktor penentunya.

Selain rajin menyikat gigi dan memeriksakannya ke dokter gigi, apa yang kita makan bisa menentukan tingkat kesehatan gigi kita. Apa aja sih makanan yang baik untuk kesehatan gigi?

1. Buah segar dan sayuran mentah

Mengonsumsi buah seperti apel serta sayuran seperti wortel terbukti baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya membantu melindungi gusi dan jaringan di sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri. Yang ngga kalah penting, bisa membersihkan plak dan menyegarkan nafas.

Bagi pencinta jeruk, buah yang satu ini juga mampu secara alami membersihkan gigi dan meningkatkan produksi saliva. Jika produksi air liur cukup maka asam sitrat dan malat yang terbentuk dapat dinetralisir sehingga mencegah berbagai masalah pada gigi. Jika kamu suka pir,  nanas, tomat, dan timun, sayur dan buah ini juga bisa dijadikan pilihan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung, asparagus, dan lain-lain kaya akan vitamin A, beta karoten, fosfor, kalsium, dan magnesium yang merupakan zat gizi penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan folat untuk memingkatkan kesehatan mulut dan merangsang pertumbuhan sel. Magnesium penting dalam formasi tulang dan gigi, sedangkan fosfor berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

3. Kelompok berry

Stroberi, blueberry, raspberry, mulberry, dan keluarga berry lainnya ialah jenis buah yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Pigmen antosianin yang memberikan warna merah, ungu, dan biru pada buah ini merupakan antioksidan yang kuat untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan ini mampu mencegah kolonisasi bakteri, salah satunya pada gigi dan rongga mulut.

4. Produk susu

Susu, keju, plain yoghurt, dan berbagai produk susu lainnya sangat baik untuk kesehatan gigi. Kalsium dan fosfat yang terkandung di dalamnya, mengembalikan mineral yang hilang pada gigi sehingga menjaga kepadatan gigi dan membantu membangun kembali enamel gigi yang mungkin terkikis karena konsumsi makan dan minuman tertentu. Selain itu, konsumsi keju mampu merangsang produksi saliva. Tapi, Teman Sehat perlu memperhatikan kebersihan gigi setelah mengonsumsi produk-produk susu karena berisiko dalam pembentukan plak.

Nah, selain rajin sikat gigi kamu juga perlu memperhatikan apa yang dikonsumsi karena banyak jenis makanan yang bisa merusak gigi. Dengan mengonsumsi empat kelompok makanan di atas, Teman Sehat bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut agar senyum indah tetap terjaga dan bikin makin pede. Yuk, jangan ditunda-tunda dalam menjaga kesehatan!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *