Yuk, lakukan 4 Hal ini untuk Mencegah Diabetes!

Teman Sehat, tau ngga? Ternyata menurut data dari International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2015 sebanyak 318 juta orang dewasa diperkirakan mengalami gangguan toleransi gula atau dinamakan prediabetes.

Berdasarkan data dari WHO, angka tersebut akan terus bertambah, seiring dengan pola makan dan gaya hidup, sehingga diprediksikan pada tahun 2040 jumlah penderitanya akan bertambah menjadi 642 juta orang.

Di Asia Tenggara sendiri, beberapa Negara memiliki jumlah penderita yang cukup tinggi, loh! Seperti Negara Malaysia (16,6%), Singapura (12,8%), Thailand (8 %), dan Indones (6,2%). Nah maka dari itu, kamu perlu melakukan 4 hal ini, agar bisa mengurangi risikonya sejak dini. Mau tahu gimana caranya? So, let’s check it out!

1. Cegah stres dan depresi

Ternyata, stres bisa meningkatkan kadar gula darah kamu, loh! National Diabetes Education Program (NDEP) dalam publikasinya menyatakan, bahwa seseorang yang terkena diabetes akan mudah mengalami reaksi depresi 3-4 kali lebih banyak daripada seseorang pada umumnya.

Depresi bisa menyebabkan kamu merasa ngga bebas dalam melakukan hal apapun, mengonsumsi makanan sesuka hati, dan cenderung memilih aktivitas yang di senangi tanpa memikirkan kesehatan diri.

Jika kamu mulai merasa stres dan depresi, berjalan-jalan di taman atau tempat kesukaan, melakukan hobi yang positif dan bertemu orang tedekat akan mengurangi hal ini.

3. Olahraga

Olahraga secara teratur, bisa membantu mengontrol kadar gula darah, loh! Selain bisa menurunkan berta badan, olahraga juga bisa meningkatkan kepekaan insulin, menurunan tekanan darah dan kadar lemak di dalam tubuh.

Kamu bisa memulai dengan olahraga rutin selama 150 menit per minggunya. Hal ini bisa memaksimalkan denyut jantung hingga 50-70%. Selain itu olahraga juga bisa menurunkan berat badan 5-10%, sehingga bisa memperlambat atau mencegah diabetes miletus tipe 2.

3. Berhenti merokok

Merokok, merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko gangguan  pada pembuluh darah (kardiovaskular), loh! Walaupun merokok ngga langsung berkaitan dengan timbulnya intoleransi glukosa, tapi merokok bisa memperberat komplikasi gangguan pada pembuluh darah (kardiovaskular) dari intoleransi glukosa dan Diabetes Miletus tipe 2.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang cukup bisa mengurangi timbulnya risiko diabetes, loh!

Kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging dengan kandungan lemak yang rendah, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, buncis, gandum, nasi merah, dan susu rendah lemak. FYI, ternyata makanan yang mengandung rendah garam dan tinggi serat bisa menurunkan risiko diabetes, loh!

Nah, Teman Sehat itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Yuk, mulai ubah pola makan dan gaya hidup kamu, agar tubuh lebih sehat dan produktif dalam berativitas! Jangan lupa share pengalaman kamu di bawah ini ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *