Yuk, Siapkan Bulan Ramadan dengan Ini!

Halo, Teman Sehat! Ternyata ngga kerasa ya, sudah mau memasuki bulan Ramadan. Yap, apa aja yang sudah kamu siapkan? Selain menyiapkan hati untuk fokus beribadah, kamu juga perlu menyiapkan kesehatan tubuh, khususnya asupan zat gizi dan aktivitas yang dilakukan saat puasa nanti.

Nah, beberapa hari yang lalu Universitas Sahid Jakarta, melangsungkan kegiatan Seminar Nasional yang berjudul, “Bukti Terkini Diet dan Manfaat Puasa: Implikasi terhadap Pencegahan Obesitas dan Penyakit Tidak Menular”. Seminar ini menjelaskan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menghadapi bulan yang suci ini. Yuk, simak penjelasannya!

Seminar

Keynote Speaker seminar kali ini adalah dr Kirana Pritasari MQIH, selaku Direktur Jend. Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI. Dalam pembahasannya, beliau menyatakan bahwa asupan gizi yang ngga terjaga dari mulai masa kehamilan, akan berdampak panjang bagi kehidupan sosial ekonominya, seperti kesulitan dalam belajar dan berprestasi hingga kesulitan mendapat pekerjaan yang optimal. Kualitas hidup yang rendah dengan gaya hidup yang ngga sehat, juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular (PTM).

Sesi dikusi ini dihadiri oleh beberapa speaker, seperti Ir Doddy Izwardy, MA; Ust Farhat Umar, MSI; Dr Minarto, MPS; dr Lusiani Sp PD KKV; Bapak Adhi S. Lukman; Prof Rindit Pambayun, MP; Prof Dr IrHardinsyah MS; dr Andi Kurniawan Sp KO; dan Prof Chia-Hua Kuo PhD FACSM. Dalam sesi pertama diskusi yang di moderatori oleh Dr Ridwan M Thaha, MSc, membahas kajian puasa berdasarkan nilai religi dan nilai ilmiah. Sedangkan pada sesi ke dua, diskusi dimoderatori oleh Prof Dr Ir Umar Santoso, MSc, membahas terkait saran pengolahan makanan dan aktivitas fisik yang dilakukan saat puasa.

Tips saat Ramadan!

Jika dilihat dari nilai religi, puasa merupakan suatu amalan bagi seluruh makhluk hidup untuk kembali kepada keseimbangan diri. Puasa ngga cuma menahan kamu buat ngga makan, minum dan melawan hawa nafsu, tapi membersihkan dan mengistirahatkan tubuh dari kerja ‘berat’ yang dilakukan. Saat puasa, kamu perlu tahu proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, agar kamu tahu berapa jumlah dan jenis asupan yang harus dikonsumsi selama puasa.

FYI, tubuh akan mengubah zat gizi karbohidrat terlebih dahulu menjadi gula sebagai sumber energi kamu. Selanjutnya jika asupan karbohidrat habis, maka lemak akan diproses menjadi sumber energi dan terakhir adalah protein. Jadi, kamu perlu mengatur asupan zat makanan saat sahur dan berbuka puasa. Nah, selain itu jagalah pola konsumsi makanan dan minuman saat puasa, karena godaan GGL (Gula, Garam dan Lemak) pada makanan khas Ramadan bisa menggagu diet kamu.

Tapi kamu ngga perlu khawatir, jika diimbangi dengan pola makan yang sehat, cukup mengonsumsi air putih, agar ngga dehidrasi dan aktivitas fisik, puasa Ramadan kamu tahun ini akan lebih optimal. Yuk, jaga kesehatan kamu selama berpuasa, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *