Ayo Wujudkan Lebaran Sehat dengan 3 Hal Ini!

Halo Teman Sehat! Pada Jumat, 16 Juni 2017 lalu, linisehat.com telah menyelenggarakan #DiskusiSehat3: LebaranTalk yang diikuti oleh peserta dari Medan sampai Palu. Para peserta eager buat nambah ilmu tentang lebaran sehat dari ketua Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), M. Nur Hasan Syah, S.Gz, M.Kes yang juga merupakan Dosen Prodi S-1 Ilmu Gizi di STIKes Mitra Keluarga.

By the way, kamu udah tau kan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh kita selama puasa Ramadan? Mulai dari berat badan, kadar lemak, dan glukosa darah?

Nah, di LebaranTalk kemarin, berikut ini adalah highlight yang oke banget buat kamu simak supaya lebaran sehat bener-bener bisa terwujud.

1. Kurangi makanan bersantan. Kenapa?

Saat Hari Raya Idul Fitri, hampir semua lauk pauk mengandung santan. Makanan bersantan mengandung sekitar 230 Kalori per 100 gram, jadi peluang buat terjadinya kenaikan berat badan cukup tinggi. Untuk itu, perlu memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi.

Santan juga mengandung lemak jenuh. Kalau terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh, hal ini bisa berbahaya buat tubuh. Salah satu dampak jangka panjangnya adalah adalah stroke. Bagi kamu yang punya riwayat hipertensi juga perlu membatasi konsumsi makanan bersantan. Okay, Teman Sehat?

2. Batasi hal-hal ini

Sebenarnya, ngga ada larangan makan pada saat Lebaran, Teman Sehat! Kita boleh konsumsi makanan, asalkan tetap memperhatikan prinsip gizi seimbang, yaitu ketahui porsi makanan dan perhitungkan pola makan. Biasanya, saat Lebaran kita mengunjungi banyak rumah dan setiap rumah menyajikan makanan. Nah kalau seperti itu, maka sebaiknya makan dengan porsi yang kecil-kecil aja ya, Teman Sehat.

Nah, jangan lupa, pastinya tetap makan yang beragam terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah. Sayur dan buah jangan kelupaan saat Lebaran ya, Teman Sehat! Oh iya, batasi minuman yang manis-manis dan mengandung soda ya.

3. Lakukan olahraga ini

Olahraga ringan atau medium seperti jogging, yoga, atau berjalan di atas treadmill dan menggunakan sepeda statis minimal 30 menit/hari efektif loh buat mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan kamu loh. Pada intinya, selama puasa, lemak digunakan untuk energi, artinya semua massa lemak akan berkurang, terutama pada bagian perut. Pertahankan pola hidup sehat mulai dengan kurangi porsi gorengan.

Jadi, intinya, untuk mempertahankan berat badan normal, konsumsi makanan bergizi seimbang dan beragam, berolahraga minimal 30 menit sehari, dan cukup tidur. Ada lagikah tips dari kamu? Share yuk, di kolom komentar!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *