Hati-hati, Gagal Ginjal Disebabkan oleh Hal-hal Ini!

Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) diperingati setiap tahunnya buat mengingatkan kita semua, bahwa ginjal adalah aset yang berharga buat manusia, jadi harus dijaga baik-baik. Tapi sedihnya, kasus gagal ginjal malah makin meningkat setiap tahunnya. Nah, supaya kamu makin sayang sama ginjalmu, cek ulasan berikut ini yuk, Teman Sehat!

gagal ginjal

1. Apa sih sebenernya fungsi ginjal?

Ginjal adalah 2 buah organ yang berbentuk seperti kacang, dengan ukuran kurang lebih sekepalan tangan. Ginjal yang sehat berfungsi untuk memfilter dan membersihkan racun sisa metabolisme dalam darah yang akan dibuang bersama urin. Ginjal juga berfungsi buat menjaga keseimbangan elemen-elemen tertentu dalam darah, seperti sodium, potasium, dan kalsium, plus membuat hormon yang bisa mengontrol tekanan darah dan sel darah merah.

Tapi, terkadang ginjal ngga lagi mampu buat menjalankan tugasnya. Akibatnya, jumlah racun dan sisa metabolisme dalam tubuh bisa terakumulasi dan meningkat. Nah, kondisi ini disebut sebagai gagal ginjal.

2. Penyebab rusaknya ginjal

Ada beberapa penyebab rusaknya ginjal yang wajib kamu waspadai.

  • Tekanan darah tinggi: bisa menyebabkan ketegangan pada pembuluh darah di ginjal, sehingga kerjanya berhenti
  • Diabetes: terlalu banyak gula dalam darah bisa merusak pembuluh darah yang super kecil dalam ginjal
  • Kadar kolesterol darah tinggi: bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang menuju ginjal, sehingga memperberat kerja ginjal
  • Infeksi pada ginjal akibat bakteri dari kantung kemih ke salah satu satu atau kedua ginjal
  • Rusaknya filter pada ginjal atau glomerulunephritis yang meyebabkan inflamasi atau peradangan ginjal
  • Adanya hambatan aliran urin, misalnya diakibatkan oleh batu ginjal atau pembesaran prostat
  • Penggunaan obat-obatan jangka panjang yang dikonsumsi secara rutin

3. Penyebab lain yang pasti kamu udah tau

Kamu pasti tau kalau obesitas adalah pintu gerbang dari berbagai macam penyakit, termasuk peyakit ginjal. Saking banyaknya kasus penyakit ginjal akibat obesitas di dunia, tema peringatan hari ginjal dunia tahun ini adalah “kidney disease and obesity“.

Obesitas adalah akumulasi lemak yang berlebihan abnormal yang bisa mengganggu kesehatan. Pada tahun 2014, terdapat lebih dari 600 juta orang dewasa yang punya status gizi obesitas.

Di beberapa negara, obesitas udah terjadi pada 1/3 orang dewasa dan menyebabkan terganggunya kesehatan secara signifikan, sehingga meningkatkan biaya tanggungan kesehatan tahunan. Sedihnya, penduduk Indonesia dengan status gizi lebih juga semakin meningkat loh.

obese

Berat badan lebih dan obesitas adalah faktor risiko terjadinya penyakit ginjal kronik (chronic kidney disease/CKD) dan gagal ginjal tahap akhir (end-stage renal stage/ESRD).

Orang dengan berat badan lebih atau obesitas punya risiko 2-7 kali lebih besar buat menderita gagal ginjal tahap akhir dibandingkan dengan mereka dengan berat badan normal.

Pada dasarnya, obesitas bisa menyebabkan gagal ginjal melalui 2 cara:

  • Ngga langsung, melalui peningkatan risiko diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung yang bisa merusak ginjal
  • Langsung, melalui peningkatan beban kerja ginjal dan mekanisme lainnya sehingga ginjal gampang rusak

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait kesehatan ginjalmu ya! Kalau mau sehat, sebenernya cukup menjalankan Pedoman Gizi Seimbang aja kok, Teman Sehat. Ngga susah! (agt&don)

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *