Minuman Tradisional Indonesia nan Nikmat dan Menyehatkan

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk penggemar minuman tradisional khas berbagai daerah di Indonesia? Atau kamu termasuk penggemar minuman zaman now yang ngga jauh-jauh dari soft drink, minuman manis warna-warni, atau jus instan? Jika ya, ada baiknya kamu mengenal berbagai minuman dengan racikan tradisional warisan nenek moyang kita terdahulu. Ngga cuma soal rasanya yang unik dan nikmat, minuman ini juga bermanfaat buat kesehatan.

1. Jamu

Siapa yang ngga kenal jamu yang dijual khas dengan gendongan? Jamu termasuk obat tradisional yang dibuat dari bahan tumbuhan, hewan, mineral, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan norma yang berlaku di masyarakat. Bahkan dari hasil riset kesehatan tahun 2010 diketahui bahwa jamu dikonsumsi lebih dari 50% masyarakat Indonesia. Mulai dari penambah nafsu makan, peningkat kesuburan, penghilang pegal linu, dan lainnya, manfaat dari minum jamu udah dirasakan oleh masyarakat. Kamu salah satunya?

2. Bir pletok

Minuman khas betawi yang sempat terkubur zaman ini muncul kembali sebagai referensi kuliner yang wajib dicoba saat mengunjungi ibukota. Meskipun namanya ‘bir’, minuman yang satu ini ngga memabukan ya Teman Sehat karena bahannya hanya berasal dari rempah-rempah seperti jahe, serai, kayu manis, pala, dll. Soal manfaat jangan ditanya, karena secara alami rempah-rempah mengandung berbagai jenis antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dari tubuh.

3. Air nira

Kids zaman now mungkin asing banget dengan minuman yang satu ini. Nira adalah cairan manis yang diperoleh dari batang tanaman tebu, aren, atau kelapa. Di beberapa daerah, minuman ini punya nama yang berbeda-beda, seperti tuak manis atau lahang. Minuman ini diyakini bisa mengatasi sembelit, menyegarkan tubuh, mencegah kesehatan tulang, menghangatkan badan, dan lain sebagainya.

4. Wedang jahe

Udara musim dingin bakalan pas banget dipadu dengan minuman yang satu ini. Minuman berbahan gula merah, jahe, daun pandan, dan sereh ini diakui bisa mengusir dingin dan menghangatkan badan. Ngga cuma itu, berbagai penelitian menunjukan bahwa jahe mengandung zat anti inflamasi, anti trombosis, anti mikroba, anti tumor, antioksidan, zat yang bisa menurunkan kolesterol darah, dll. Bahkan percobaan pada berbagai hewan menunjukan bahwa jahe memiliki aktivitas anti diabetes. Tikus yang diberikan sari jahe selama 6 minggu, risikonya lebih rendah untuk mengalami diabetes.

5. STMJ

Kalau kamu anak warkop pasti udah ngga asing lagi dengan istilah STMJ alias susu, telur, madu, dan jahe. Minuman ini digemari karena rasannya yang nikmat dan gurih serta manfaatnya untuk menambah stamina dan menghangatkan tubuh.

Ngga cuma 5 minuman di atas aja yang Teman Sehat, Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu suku punya budaya dan minuman tradisional masing. Minuman yang sudah ada sejak zaman nenek moyang ini ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, tugas kita adalah melestarikannya. Yuk, share minuman tradisional khas daerahmu dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts