Musim Hujan Datang, Perhatikan 6 Hal ini agar Tetap Sehat!

Halo Teman Sehat! Memasuki bulan-bulan yang berakhiran ‘ber’, kita sudah harus mulai bersiap menghadapi datangnya musim penghujan. Ngga cuma sedia payung sebelum hujan ya Teman Sehat, tapi kamu juga perlu menyiapkan amunisi agar tubuh tetap sehat dan prima.

Cuaca yang ngga terlalu terik serta genangan air yang ada di mana-mana, membuat bibit penyakit berkembang sangat pesat. Nah, mulailah berhati-hati dan perhatikan poin-poin di bawah ini!

1. Jaga cairan tubuh 

Saat musim hujan, keringat ngga menguap dengan cepat karena tingkat kelembapan udara yang tinggi dan hal ini mencegah tubuh mengeluarkan panas. Sebagai kompensasinya tubuh akan mengeluarkan urin dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, Teman Sehat tetap perlu mengkonsumsi cairan secara cukup walaupun ngga merasa haus. Bila perlu, Teman Sehat bisa menikmati minuman hangat seperti jahe yang bisa membantu menjaga kehangatan tubuh.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang 

Teman Sehat tahu ngga sih, saat musim dingin proses pencernaan tubuh menjadi lebih lambat? Oleh karena itu, makanlah seperlunya dan ketika lapar. Teman sehat perlu mengkonsumsi aneka jenis olahan yang mengadung rempah-rempah pahit seperti kunyit yang kaya akan antioksidan dan khasiat lainnya yang bisa membantu mencegah infeksi dan secara bersamaan membantu proses pencernaan. Juga makanlah buah-buahan seperti ceri, pisang, apel, dan sayuran seperti wortel.

3. Konsumsi makanan segar dan bersih 

Pastikan Teman Sehat mencuci buah-buahan dan sayuran sebelum memakannya, terutama sayuran berdaun. Ketika musim hujan, kondisi udara menjadi lembab sehingga membuat makanan lebih mudah terkontaminasi yang akan menimbulkan penyakit seperti hepatitis. Pilihan mengonsumsi makanan yang baru dimasak bisa menjadi pilihan makanan terbaik buat Teman Sehat di saat musim hujan.

4. Menjauhi sumber penyakit 

Karena saat musim hujan bakteri lebih mudah berkembang biak dan penyakit lebih mudah menyerang, alangkah baiknya Teman Sehat menjauhi sumber penyakit tersebut. Sumber penyakit bisa dari makanan atau minuman yang ngga bersih, lingkungan, atau orang yang terinfeksi penyakit menular seperti influenza.

5. Hindari genangan air 

Jagalah agar kaki tidak basah. Ketika kaki Teman Sehat basah karena genangan air, segera bersihkan dan keringkan dengan handuk karena kelembapan bisa menyebabkan kulit terinfeksi jamur. Pastikan sepatu, kaos kaki, dan jas hujan Teman Sehat tetap bersih dan kering selalu ya!

6. Berolahraga  dengan teratur

Gerimis saat pagi dan malam mungkin bisa menganggu jadwal olahraga kamu, tapi itu masih bisa disiasati dengan berolahraga di rumah. Teman Sehat bisa melakukan beberapa olahraga sederhana seperti sit-up, yoga, atau senam yang bisa membantu meregangkan dan membuat otot tubuh rileks.

Jika Teman Sehat memperhatikan 6 poin di atas, musim hujan ngga lagi jadi momok menakutkan buat kesehatan tubuh. Teman Sehat udah siap menghadapi musim hujan tahun ini dengan tetap sehat dan produktif? Yuk, share tips-tips lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *