Resep Sarapan Pagi ala Jagung Putih

Halo Teman Sehat! Sarapan apa pagi ini? Kalau kamu mau sarapan yang beda, yuk kita masak sarapan dari jagung putih. Kali ini jagung yang kita pakai adalah jagung putih jenis pulut. Jagung ini kalau dimasak, punya aroma wangi yang khas dan teksturnya lengket. Biasanya jagung ini diolah menjadi menu sarapan tradisional. Gimana si cara membuatnya? Yuk cek resepnya!

1. Barobbo

Teman Sehat, barobbo adalah salah satu makanan tradisional dari Sulawesi Selatan. Makanan ini mirip dengan sup ayam dan biasanya disajikan dalam keadaan hangat. Barobbo dibuat dari jagung pulut muda, potongan ayam dan sayur-sayuran.

Sumber : travelingyuk.com

Untuk membuat Barobbo kamu harus menyiapkan 750 gr jagung pulut muda yang sudah disisir, 80 gr daging ayam, 100 gr rebung, 100 gr kangkung, 200 gr kacang panjang, bumbu sup secukupnya (bawang merah, bawang putih, dll.) dan air 2000cc. Setelah bahannya siap, masukkan air, bumbu sup, dan potongan ayam. Setelah matang, masukkan jagung dan sayurnya kemudian masak sebentar agar sayur matang. Supaya lebih enak, Teman Sehat bisa tambahkan daun bawang atau bawang goreng sebagai variasi dari Barobbo yang kamu buat.

2. Jalaure

Masih dari daerah yang sama dengan barobbo, jalaure adalah makanan yang mirip dengan perkedel, Teman Sehat. Biasanya jalaure disajikan bersama barobbo hangat dan sambal.

Sumber : infomakan.com

Untuk membuat jalaure, kamu harus menyiapkan 500gr jagung pulut muda, 2 butir telur, 200 gr potongan udang tanpa kulit, daun bawang dan bumbu secukupnya (bawang merah, bawang putih, merica bubuk dan garam). Setelah bahannya siap, haluskan bumbu dan jagungnya. Lalu campurkan bumbu dan jagung yang sudah halus ke dalam wadah yang berisi udang dan daun bawang yang sudah dipotong. Aduk rata adonan, lalu kamu bentuk menggunakan sendok dan digoreng hingga warnanya cokelat keemasan.

3. Didoro

Didoro merupakan puding tradisional yang berbahan dasar jagung pulut. Biasanya puding ini dimasak menggunakan santan dan gula merah. Makanan penutup ini cocok buat melengkapi sarapan kamu.

Untuk membuat didoro, kamu harus meyiapkan 500 gr jagung pulut yang sudah dipipil, santan kental dari satu buah kelapa, gula merah dan garam secukupnya. Cara pembuatannya, haluskan jagung pulut lalu campurkan dengan santan dan aduk rata. Kemudian saring sarinya hingga beberapa kali. Setelah itu masukkan sari jagung, gula merah dan daun pandan ke dalam wajan kemudian dimasak hingga mengental. Setelah matang, masukkan adonan ke dalam cetakan puding atau bisa dibungkus dengan daun jagung muda.

Nah sekarang udah tau kan, makanan tradisional yang bisa diolah dari jagung putih apa aja. Teman Sehat tinggal pilih makanan apa aja yang mau kamu masak buat teman sarapan dan jangan lupa share ke kita ya foto makanannya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *