6 Informasi Label Pangan yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, pernahkah kamu membaca kemasan produk pangan sebelum membeli produk makanan atau minuman? Nah, ternyata banyak sekali informasi yang di dalam kemasan, loh! Bagi konsumen pintar, seperti kamu, penting loh, membaca sebelum membeli. Yuk, simak informasi saja yang perlu kamu cek sebelum membeli. Let’s check it out!

1. Tanggal kedaluwarsa

Seluruh produk pangan olahan, harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa, loh! Tanggal ini menandakan, produk masih layak dikonsumsi sebelum tanggal yang dicantumkan.

Jika produk yang dijual sudah melewati tanggal kedaluwarsa, produk pangan ini sudah ngga layak dikonsumsi. Hal ini disebabkan terjadi penurunan mutu produk, seperti berubahnya kenampakan fisik, rasa, warna, bahkan aroma pada makanan.

2. Logo halal

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, logo halal pada kemasan merupkan hal wajib yang perlu dicantumkan. Yap, pencantuman logo halal pada kemasan, menandakan bahwa produk ini sudah diakui oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Halal pada produk pangan olahan, bukan hanya komposisinya saja, ya! Halal juga mencangkup pada proses pengolahan, peralatan, kemasan, dan keseluruhan proses produksi sampai produk diedarkan.

3. Komposisi

Komposisi produk merupakan informasi mengenai seluruh bahan baku yang digunakan dalam pembuatan produk pangan. Informasi ini sangat penting diketahui, agar konsumen bisa memilih produk sesuai dengan bahan yang disukai maupun ngga disukai dengan alasan tertentu, seperti alergi.

4. Saran penyimpanan

Pada kemasan produk pangan, terdapat informasi saran penyimpanan produk pangan, loh! Informasi ini diberikan, agar konsumen bisa menyimpan produk dengan sesuai, untuk menjaga mutu dan kualitasnya.

Apabila cara menyimpannya salah, dikhawatirkan akan terjadi penurunan mutu dan kualitasnya. Kemudian produk ngga layak dikonsumsi sebelum tanggal kadarluarsanya.

5. Saran penyajian

Informasi saran penyajian biasanya tercantum di produk setengah jadi atau produk yang memerlukan proses pengolahan lanjutan. Contohnya adalah produk mi instan dengan proses perebusan dan pencampuran bumbu.

Informasi saran penyajian, dicantumkan agar konsumen bisa menghasilkan produk siap santap dengan kondisi terbaik. Biasanya, foto saran penyajian produk, diletakkan sebagai foto kemasan produk, loh!

6. Nutrition fact (tabel informasi gizi)

Nutrition fact merupakan tabel informasi gizi yang memuat kandungan zat gizi dalam bentuk kadar dan presentase di dalam produk. Tujuan tabel ini dicantumkan, agar konsumen bisa mengetahui kandungan zat gizi yang terkandung di dalamnya. Tabel ini juga membantu konsumen dalam memenuhi asupan zat gizi sehari-hari.

Nah, setelah membaca informasi di atas, sekrang Teman Sehat jadi tahu kan, pentingnya membaca sebelum membeli? So, jangan lupa cek kemasan pada produk sebelum membeli dan mengonsumsinya, ya! Yuk, jadi konsumen cerdas dan jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *