Penuhi Kebutuhan Sel Darah Merah dengan 4 Makanan ini!

Halo, Teman Sehat! Tahukah kamu pentingnya kebutuhan darah bagi tubuh? Yap, pemenuhan sel darah merah di dalam tubuh, bisa didukung dengan asupan zat gizi dari makanan dan minuman sehari-hari, loh! Penasaran? Yuk, simak informasinya di sini!

1. Seafood

Seafood merupakan salah satu jenis bahan pangan hewani yang digemari masyarakat karena rasanya yang lezat dan tingginya kandungan zat gizi pada seafood. Tapi, tahukah  kamu kalau makanan ini mengadung kadar zat besi yang tinggi, yaitu mencapai 28 mg per 100 g.

Kandungan zat besinya, bisa memenuhi 155% asupan zat besi harian yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan ini bisa membantu proses pembentukkan sel darah merah di dalam tubuh. Ingat, jangan mengonsumsinya berlebihan ya, karena kandungan kolestrolnya yang tinggi.

2. Daging merah

Selain seafood, salah satu bahan pangan hewani ini juga mengandung zat besi dan protein yang tinggi, loh! Sehingga daging merah bisa membantu proses pembentukkan sel darah merah. Hal ini disebabkan, dalam 100 g daging merah  terdapat 2,7 mg zat besi.

Nah, ternyata nilai ini sudah memenuhi 15% asupan harian zat besi yang disarankan, loh! Bagi kamu penggemar daging merah, bahan pangan ini bisa diolah menjadi beberapa jenis hidangan seperti dendeng, empal, steak, dan produk olahan lainnya sesuai seleramu.

3. Tomat

Buah ini sudah terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diketahui bahwa asupan vitamin C sangat penting bagi tubuh, loh! Kekurangan vitamin ini, bisa menyebabkan risiko anemia, kepala pusing, dan beberapa penyakit lainnya. Ternyata, asupan vitamin yang cukup, bisa mendukung proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Tercukupinya jumlah zat besi di dalam darah, bisa membantu memaksimalkan sumsum tulang untuk produksi sel darah merah. Selain buah tomat, jenis buah lain bisa menjadi alternatif sumber vitamin C yaitu semangka, delima, dan bit.

4. Bayam

Salah satu sayuran yang bewarna hijau ini, kaya akan zat gizi, loh! Dalam sayur bayam, terkandung banyak zat gizi seperti zat besi, serat, protein nabati, kalsium, vitamin, dan mineral yang bisa mendukung proses pembentukkan sel darah merah di dalam tubuh.

Semangkuk bayam mengandung zat besi sebesar 6,5 mg. Bayam bisa diolah menjadi beberapa jenis hidangan lezat diantaranya cah bayam, sayur bayam, bayam goreng tepung, dan produk olahan lainnya sesuai seleramu.

Nah, setelah membaca informasi di atas, kamu sudah tahu, ‘kan beberapa jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan darah di dalam tubuh? Selain itu, masih banyak makanan lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk menambah darah di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat! Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada saudara dan kerabat terdekat.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *