3 Tips Supaya Mata Kamu Ngga Kering

Halo, Teman Sehat! Gimana kabar kamu hari ini? Semoga tetap sehat ya! Oh iya,  di era digital ini, kamu termasuk orang yang ngga bisa jauh dari gadget, kan? Yap, setiap hari kamu terbiasa dengan paparan layar handphone atau komputer. Mulai dari bangun tidur, sampai mau tidur lagi. Tapi tau ngga sih? Ternyata paparan dari layar gadget bisa buat mata kering, loh! Kok bisa sih? Apa ya, penyebabnya? Terus gimana sih caranya supaya mata kamu ngga kering saat main gadget? Yuk simak penjelasan dan tipsnya di sini!

Dry eyes

Dry eyes merupakan kondisi seseorang ngga bisa mengeluarkan air mata atau  air mata yang diproduksi ngga cukup membuat mata tetap lembab. Menurut studi yang dilakukan Dr. Yuichi Uchino, karyawan yang bekerja dengan komputer lebih dari 7 jam, memiliki kondisi mata yang hampir sama dengan seseorang yang mengalami kekeringan air mata atau dry eyes.

Saat beraktivitas di depan layar komputer, kemumngkinan kamu buat mengedipkan mata cenderung lebih lama. Selain itu, saat menatap layar komputer, mata akan terbuka lebih lebar, jika dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Nah, inilah yang menyebabkan mata seseorang yang sering berhadapan dengan layar komputer, cenderung lebih cepat kering.

Tips yang bisa kamu lakukan!

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, supaya mata kamu tetap lembab, walaupun kamu sering bekerja dan berhadap dengan gadget. Mau tau apa aja tipsnya? So, let’s check it out!

1. Hindari berhadapan langsung dengan AC

Air conditioners atau AC yang biasa menemani kamu saat bekerja di dalam ruangan, bisa menyebabkan mata lebih cepat kering. Angin dari AC yang mengenai mata secara langsung, akan membuat lapisan cairan yang melindungi mata kita lebih cepat mengering dan menguap. Jadi untuk mengurangi resikonya teman sehat bisa menghindar duduk berhadapan langsung dengan AC.

2. Gunakan air humidifier di dalam ruang kerja

Kamu bisa menggunakan air humidifier, buat mengurangi resiko kekeringan pada mata. Kenapa? Alat ini berfungsi menjaga kelembaban udara di dalam ruangan, dengan cara menyemprotkan uap air yang bisa mengikat bakteri di ruangan kerja.  Sehingga alat ini bisa mengurangi resiko kekeringan di mata kamu. Air humidifier perlu digunakan di ruangan yang menggunakan AC, karena udara di dalam ruangan lebih mudah kering.

3. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin

Beberapa jenis makanan bisa membantu mata kamu supaya tetap sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, beta carotene, dan lutein. Kamu bisa temukan kandungan zat gizi vitamin A pada brokoli, daging sapi, daging ayam, bayam, dan toma. Selain itu, kandungan betakaroten bisa didapat  dari konsumsi wortel dan kandungan lutein bisa di dapat dari konsumsi telur, bayam, dan buah kiwi.

Nah, buat Teman Sehat yang menghabiskan banyak aktivitas di depan komputer, penting loh, buat kamu menjaga kesehatan mata. Kenapa? Mata merupakan salah satu aset kamu dalam bekerja dan menunjang produktivitas. So, keep your eyes health! Jangan lupa di coba ya tipsnya!

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *