4 Manfaat Kurma yang Perlu Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Gimana kabar kamu hari ini? Semoga tetap semangat ya, puasanya. Oh iya, kamu tau ngga sih, biasanya salah satu tanda bulan puasa, selain banyaknya yang mulai menjual sirup, juga kurma. Kurma biasanya identik dengan bulan puasa, karena sesuai dengan anjurannya, yaitu berbuka puasa dengan yang manis. Tapi, kamu tau ngga manfaat kurma apa aja ya? Apa cuma sekedar anjuran aja? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa sih kurma?

Kurma (Phoenix dactylifera L.), merupakan buah yang kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak vitamin dan mineral. Dalam agama Islam, buah kurma merupakan salah satu buah yang diberkahi karena memiliki manfat yang banyak bagi tubuh. Pohon kurma, biasanya tumbuh di iklim yang panas dan gersang seperti di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kurma biasanya dikonsumsi dalam keadaan fresh atau dikeringkan. Selain dikonsumsi dalam keadaan fresh, kurma juga bisa dikonsumsi sebagai teman minum kopi, susu dan yoghurt atau sebagai produk olahan seperti sirup, jeli, dan bahan campuran pada produk roti atau confectionary (cokelat, kelapa, madu, dll).

Jenis Kurma

Teman Sehat, ternyata tingkat kematangan kurma memengaruhi rasa, tekstur dan kandungan zat gizinya loh! Seperti Kimri (kurma yang belum matang dan berwarna hijau), kurma ini mengandung sedikit zat gizi gula sederhana. Khalal (kurma yang ukurannya sudah sesuai dan teksturnya renyah) dan Rutab (sudah matang dan teksturnya lembut).

Kedua jenis kurma ini memiliki kandungan sukrosa yang lebih banyak. Sedangkan Tamar (sudah matang dan dikeringkan dengan sinar matahari), memiliki kandungan zat gizi gula sederhana yang lebih banyak, sehingga lebih manis dan mudah diubah menjadi energi oleh tubuh.

Setelah kamu tau apa itu kurma dan jenisnya, yuk lihat apa aja manfaat yang didapat kalau kamu mengonsumsi kurma! Let’s check it out!

1. Mengembalikan energi dengan cepat

Saat berpuasa energi kamu akan banyak terkuras karena aktivitas yang dilakukan ngga berkurang. Nah, saat berbuka puasa, kamu bisa mengembalikan energi dengan mengonsumsi makanan yang manis, salah satunya kurma. Zat gizi gula sederhana yang dikandung kurma, akan cepat berubah menjadi energi, sehingga kamu ngga akan lemas lagi.

2. Kaya akan vitamin

Si kecil ini, ternyata kaya akan vitamin loh! Kurma mengandung vitamin A, B (B1, B2, B3, B5, B6), C dan K. Vitamin B kompleks akan membantu tubuh buat mengubah (metabolisme) karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Sedangkan vitamin K, menjadi penggumpal (koagulan) darah pada metabolisme tulang. Vitamin A dan C sebagai antioksidan.

3. Kaya akan mineral

Kurma juga mengandung banyak zat gizi mineral, seperti tembaga, kalium, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, kalsium serta sedikit boron. Di dalam tubuh, zat besi berfungsi sebagai komponen hemoglobin untuk mengikat oksigen. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Kalium berfungsi untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah. Kalsium dan magbesium diperlukan untuk tulang dan gigi. Mangan digunakan sebagai co-faktor antioksidan.

4. Mengandung serat pangan

Kurma juga mengandung serat pangan dengan kisaran 6,45% – 11,5%, dengan kandungan serat pangan larut dan ngga larut. Fungsi serat pangan di dalam tubuh yaitu mencegah penyerapan LDL kolestrol dan membantu menjaga usus besar (colon) dari penyakit kanker usus.

Nah, sekarang kamu udah tau kan apa aja manfaat dari kurma. Selain makanan khas yang ada di bulan Ramadhan, ternyata kurma juga baik buat kesehatan. Oh iya, jangan lupa tetap konsumsi makanan yang sehat dan seimbang ya, selama puasa, karena kurma ngga akan mencukupi semua kebutuhan gizi kamu, tetapi melengkapi kebutuhan gizi kamu.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *