4 Manfaat Si Manis Stevia yang Perlu Kamu Ketahui

Halo Teman Sehat! Kamu suka minum teh atau kopi dengan tambahan pemanis? Kalau iya, pemanis yang kamu pakai gula pasir atau gula cair? Yap, biasanya pemanis yang dipakai berasal dari tebu atau jagung. Tapi kamu tau ngga sih, ternyata ada juga loh pemanis yang berasal dari stevia. Apa sih stevia? Yuk kita simak penjelasannya!

Teman Sehat, stevia atau nama ilmiahnya Stevia rebaudianai adalah tanaman yang satu keluaga dengan bunga matahari. Bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai pemanis adalah daunnya dan daunnya ini mirip loh dengan daun mint. Ternyata seratus tahun yang lalu, daun ini telah dipakai oleh orang Amerika Selatan sebagai pemanis. Pada tahun 1901, daun ini baru di klasifikasikan oleh Dr. Moises S. Bertoni dan diteliti kandungan senyawanya oleh dua peneliti dari Prancis. Terus apa aja si kelebihannya? Yuk simak!

1. Zero calorie

Teman Sehat, ternyata daun ini ngga mengandung kalori loh! Kok bisa? Senyawa pemanis yang terkandung di dalam daun ini, seperti steviol glikosida (SGs) dan Rebaudisiode A setelah dimetabolisme oleh tubuh akan menghasilkan gula dan gulanya ngga masuk ke aliran darah. Kira-kira gula yang dihasilkan ke mana ya? Yap, gula yang dihasilkan oleh tubuh kamu akan dipakai oleh bakteri di usus besar (colon) sebagai energi. Jadi gula yang dihasilkan ngga akan masuk ke dalam darah kita sebagai energi.

2. Bantu cegah dan atasi diabetes

Seperti yang kamu tau, diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula didalam darah yang terlalu tinggi, sehingga hormon insulin di dalam tubuh ngga bisa mengontrolnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti,  stevia bisa meningkatkan kerja insulin, menstabilkan sekresi glucagon dan gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes bisa mengonsumsi stevia tanpa harus takut akan penyakitnya.

3. Batu cegah obesitas

Obesitas, alias kegemukan, bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebih dan ngga sehat, seperti konsumsi gula yang kamu makan dari snack dan minuman kemasan karena pemanis atau gula yang kamu konsumsi memiliki kalori yang cukup besar. Buat meminimalisir hal itu, kamu bisa menggunakan si manis stevia. Stevia bisa bantu mengontrol asupan kalori, supaya berat badan lebih terkontrol. Berdasarkan faktanya,   mengganti pemanis yang kamu gunakan dari gula menjadi pemanis non nutritive, termasuk stevia, akan menghasilkan penurunan kalori sebanyak 380 Kalori/hari atau penurunan berat badan dalam 9-10 hari loh!

4. Bantu kurangi karies gigi

Karies gigi adalah infeksi gigi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini perlahan bisa merusak mineral dan email gigi, sehingga gigi kamu berlubang. Bakteri ini ada secara alami di gigi kamu buat bantu mencerna karbohidrat pada makanan. Jika kamu suka mengonsumsi makanan yang manis secara berlebih, kamu bisa mengalami karies gigi. Kenapa? Karena pemanis yang kamu konsumsi berasal dari pemanis  yang berkalori yang bisa memberikan energi untuk bakteri berkembang di sekitar gigi kamu. Jika kamu menggunakan stevia yang zero calorie, maka risiko karies gigi bisa dikurangi. Selain itu senyawa lain yang ada di dalam daun stevia seperti steviol, iso steviol, rebaudiosida A, B, C, dan E bersifat non kariogenik sehingga bisa menghabat kerja bakteri penyebab karies gigi.

Nah, udah tau kan Teman Sehat? Ternyata si Manis stevia ini punya banyak manfaat dan bisa menggantikan konsumsi pemanis yang kamu pakai. Pernahkah kamu coba manisnya stevia ini? Share yuk pengalaman kamu di kolom komentar.

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *