5 Tips Sehat Berolahraga Saat Puasa

Halo, Teman Sehat! Gimana puasa kamu hari ini? Semoga tetap lancar ya. Oh iya, di bulan Ramadan ini, aktifitas yang kamu lakukan ngga berkurang sedikit pun, malah akan bertambah di malam hari karena melakukan ibadah salat tarawih. Nah, supaya tubuh tetap fit, kamu bisa melakukan olahraga ringan selama berpuasa. Supaya kamu ngga cepat lelah dan haus saat berolahraga, kamu bisa melakukan 5 tips ini. Mau tau apa aja tips nya? Let’s check it out!

1. Perhatikan waktu olahraga

Teman sehat, menurut Bapak Yudik, Dosen FIK UNY, ada dua waktu yang paling pas buat kamu berolahraga saat berpuasa, yaitu menjelang berbuka dan setelah berbuka atau salat tarawih. Olahraga menjelang berbuka puasa, sekitar satu sampai setengah jam sebelum berbuka, akan meminimalisir tubuh kamu dehidrasi. Hitung-hitung ngabuburit dengan berolahraga, tubuh kamu akan mendapatkan manfaat baik dari aktifitas ini.

Olahraga setelah berbuka puasa atau setelah salat tarawih, lebih baik dilakukan jika kamu ngga kuat olahraga sebelum berbuka puasa. Energi yang didapatkan setelah mengonsumsi makanan saat berbuka, akan membuat kamu lebih bertenaga saat berolahraga. Tapi ingat ya, lakukan aktifitas ini setelah 1-2 jam berbuka puasa, agar tubuh telah sempurna mencerna makanannya.

2. Lakukan olahraga ini!

Saat kamu berpuasa, usahakan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat, karena akan menyebabkan tubuh cepat kehabisan energi dan dehidrasi. Cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti senam, jalan lambat, dan joging.

Olahraga seperti yoga dan pilates juga baik baut kamu yang sedang berpuasa, karena gerakan stretching di olahraga ini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi tenang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga lain, seperti spinning atau jalan menggunakan traeadmil. Ingat ya, olahraga jenis ini hanya boleh dilakukan 20-30 menit saja, agar tubuh ngga cepat lemas dan dehidrasi.

3. Konsumsi makanan yang lebih

Pastikan kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih dari porsi sahur atau berbuka puasa. Jika kamu ingin berolahraga sebelum berbuka puasa, usahakan porsi makan sahur sama dengan porsi sarapan di luar bulan Ramadan. Konsumsi juga makanan karbohidrat kompleks dan berserat agar saat berolahraga kamu ngga cepat lapar. Jangan lupa konsumsi makanan beragam untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh, seperti zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

4. Atur konsumsi air minum kamu!

Olahraga bisa menyebabkan dehidrasi, karena cairan tubuh akan hilang melalui keringat. Supaya hal ini ngga terjadi sama kamu, atur konsumsi air minum agar ngga kekurangan asupan cairan ke dalam tubuh. Konsumsi air minum yang disarankan adalah 8 gelas per hari. Kamu bisa membagi konsumsi minum saat sahur, berbuka dan sebelum tidur untuk mencukupi asupan cairan di dalam tubuh.

5. Atur waktu istirahat kamu!

Supaya tubuh tetap fit selama bulan Ramadan dan tetap bisa berolahraga, aturlah waktu tidur kamu. Rata-rata orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang, bisa memengaruhi kinerja tubuh, loh. Jika ada waktu senggang, kamu disarankan buat melakukan tidur siang, karena bisa membantu mempertahankan kondisi tubuh supaya tetap sehat.

Yuk, Teman Sehat tetap jaga kondisi tubuh kamu agar tetap fit seama berpuasa! Supaya kamu bisa melakukan ibadah dengan maksimal dan mendapatkan banyak manfaat dari bulan Ramadan ini. Jangan lupa ya, lakukan 5 tips di atas!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *