6 Nutrisi yang dibutuhkan Mata

Halo, Teman Sehat! BTW, selama menunggu berbuka puasa, sebagai anak zaman now, pasti kamu ngabuburit di ‘dunia maya’, kan? Mulai dari melihat resep buat berbuka puasa sampai tempat bukber yang asik. Seringnya mata berhadapan dengan gadget, bisa menyebabkan resiko kesehatan mata, loh! Supaya hal ini ngga terjadi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung 6 zat gizi ini. Mau tau apa aja? Let’s check it out!

1. Zeaxantin dan Lutein

Zeaxantin dan lutein merupakan salah satu kelompok provitamin A.  Kedua zat gizi ini berfungsi menjaga kesehatan mata, terutama mencegah terjadinya penurunan pengelihatan dan katarak. Kamu bisa mendapatkan manfaat zat gizi ini pada sayuran dan buah berwarna hijau tua, kuning, dan oranye, seperti kale, bayam, jagung, wortel, tomat, dan jeruk. Selain sayuran dan buah, telur juga termasuk makanan yang banyak mengandung lutein.

2. Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna bagi kesehatan mata. Omega 3 berfungsi untuk mencegah penurunan pengelihatan, mata kering (dry eye syndrome), kerusakan saraf (glaukoma), membantu pengaturan cairan, dan mengurangi risiko tekanan tinggi pada mata.

Kandungan omega 3 bisa kamu dapatkan pada makanan yang mengandung zat gizi docosahexaenoic acid (DHA), eicoapentaenoic acid (EPA), dan alpha-linolenic acid (ALA). Kamu bisa mendapatkan zat gizi DHA dan EPA dengan mengonsumsi ikan salmon, sarden, tuna, ikan haring, atau suplemen minyak ikan. Seangkan, zat gizi ALA bisa kamu dapatkan dari konsumsi minyak biji rami, biji rami, kenari, dan sayuran berwarna hijau gelap.

3. Beta-Karoten

Beta-karoten merupakan salah satu kelompok provitamin A, yang berfungsi menurunkan risiko penurunan pengelihatan. Kamu bisa mendapatkan manfaat zat gizi ini dengan mengonsumsi sayur dan buah, seperti wortel, kentang, bayam, dan labu.

4. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin juga berperan penting bagi kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan saraf yang berhubungan dengan gerakan mata, seperti gerakan secara ngga sadar dan pengelihatan ganda. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin ini dengan mengonsumsi biji bunga matahari, ikan trout, edamame, dan kacang macadamia.

5. Vitamin C dan E

Kedua vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan berperan untuk menurunkan risiko katarak. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin ini dengan mengonsumsi jeruk, tomat, brokoli, gandum, dan kacang-kacangan.

6. Zink

Zink atau seng merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Zink berperan menurunkan risiko katarak, penurunan pengelihatan, dan rabun senja. Manfaat zink bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi tiram (kerang), daging sapi, telur, tahu, kacang-kacangan, dan gandum.

Nah, Teman Sehat ternyata ngga sulit, kan menjaga kesehatannya? Jadi, jangan cuma perhatian sama akun selebgram aja ya, kesehatan mata kamu juga penting  buat diperhatikan. Yuk, ajak orang terdekat kamu buat menjaganya mulai dari sekarang!

 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *