Begini Caranya Supaya ‘Gamers’ Tetap Sehat!

gamers

Halo teman sehat!

Menjalani hobi setiap harinya adalah hal yang selalu diinginkan oleh setiap orang. Sesibuk apapun aktivitas kita atau selelah apapun diri kita, ketika dijamu dengan hobi favorit, maka seringkali kita melakukannya hingga lupa waktu.

Beruntung sekali bagi mereka yang memiliki hobi berolahraga, karena selain menikmati, juga mampu membuat tubuh sehat setelah menjalani aktivitas seharian.

Apa jadinya jika hobimu tergolong unik? Main game misalnya.

Gamers, sebutan akrab untuk mereka yang hobi bermain game, rela menghabiskan waktu seharian di depan layar game untuk sekadar menyalurkan hobi mereka. Apakah kamu juga termasuk gamers?

Sebenarnya, game memiliki dampak positif loh, terutama untuk melatih kemampuan otak dalam menenlaah masalah. Tapi, gimana kalau waktu yang gamers habiskan untuk bermain game itu terlalu berlebihan? Bahkan sering kita liat mereka rela mengorbankan waktu tidur malam. Alhasil, pola hidup tidak sehat akan jadi kebiasaan buat gamers seperti itu.

Nah, ada beberapa tips penting buatmu, para gamers, agar tetap asyik dengan game yang lagi kamu mainkan, tapi tetep sehat. Nih, coba simak!

1. Makan tepat waktu

makanan fastfood

Selalu ingat waktu walaupun kamu lagi asyik dengan permainan favoritmu ya, Teman Sehat! Apalagi mengenai waktu makan. Kebiasaan gamers biasanya makan yang instan-instan, seperti mie instan atau fast food dengan alasan ‘ngga butuh waktu lama’, padahal yang seperti itu sama sekali tidak sehat kalau dilakukan berulang kali.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah akan membuatmu lebih prima. Hanya gara-gara pola makan ngga teratur, kemudian kamu jatuh sakit, ngga mau kan?

2. Sejenak istirahatkan tubuhmu

Nge-game dalam waktu lama tentu membuat tubuh terasa jenuh. Sesekali, istirahatkan tubuhmu sejenak dengan keluar ruangan, melihat lingkungan sekitar. Akan lebih baik jika kamu gunakan untuk menjalankan ibadah, bercengkrama dengan keluarga, atau sekadar memejamkan matamu sejenak. Gamers ngga boleh anti-sosial lho, apalagi sampai anti ibadah.

3. Olahraga ringan

Buat kamu yang hobi olahraga ataupun ngga sama sekali, ini bukan alasan gamers untuk berhenti beraktivitas fisik. Ngga perlu gerakan-gerakan aerobik, cukup olahraga ringan yang mampu meregangkan sendi-sendimu dan juga mengurangi resiko kaku maupun nyeri otot.

Kamu bisa mencoba latihan warm up, side neck stretches, shoulder shrug, dan beberapa aktivitas ringan lainnya. Tidak lama, kamu hanya perlu menyisihkan waktu 5-10 menit untuk melakukan semuanya. Mudah bukan?

4. Hindari game yang memancing emosi

Game sulit terkadang membuat kita kesal dan akhirnya emosi ngga jelas. Joystick, mouse, atau bahkan monitor pun bisa jadi sasaran dari kemarahan seorang gamers. Hindari yang seperti ini. Akan lebih baik jika kita memainkan game yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kita!

Game bagi sebagian orang adalah aktivitas harian yang tak dapat ditinggalkan. Ngga masalah kok Teman Sehat, asalkan kita punya manajemen waktu yang baik, menjaga pola hidup sehat, dan juga bermain game hanya bertujuan untuk menyegarkan pikiran kita, bukan sebagai ajang judi apalagi sampai harus menghambur-hamburkan uang.

Setuju kan kamu? (agt&don)

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *