Bukan Hanya Ibu, Ayah juga Berperan Penting Bagi Kesehatan Anak loh!

Father

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu, bahwa ayah juga berperan penting bagi kesehatan anak-anaknya?

Sebuah penelitian dari Universitas Guelph di Canada yang melibatkan lebih dari 3.700 perempuan dan 2.600 laki-laki berusia 14-24 pada tahun 2011, menemukan bahwa orang tua, khususnya ayah, memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan gaya hidup sehat pada anak-anaknya.

Penelitian ini menemukan bahwa remaja yang tumbuh dalam keluarga yang stabil dengan pola asuh dan hubungan dengan anak yang baik, akan memiliki asupan makanan dan minuman yang lebih sehat, aktivitas fisik yang lebih sering, dan tidur yang lebih cukup, sehingga dapat mencegah obesitas.

Menariknya, hubungan antara ayah dengan anak laki-lakinya lebih kuat untuk memprediksi apakah anak laki-laki tersebut akan obesitas atau tidak dibandingkan dengan hubungan antara ibu dengan anak laki-lakinya.

“Ayah bukan hanya orang tua kedua di dalam rumah. Ayah yang terlibat langsung dalam pengasuhan anak akan memberikan dampak positif bagi anak-anaknya. Peran ayah tidak dapat digantikan oleh siapapun,” ucap Dr. David Popenoe, salah seorang sosiolog dari US Department of Health and Human Services.

Ayah yang memiliki hubungan baik dengan anak-anaknya akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya, sehingga anak mereka akan lebih sehat secara psikologis dan emosional.

Apa yang terjadi apabila keluarga tidak berfungsi seperti seharusnya? Hal ini dapat mengganggu perkembangan pola hidup sehat anak karena adanya keterbatasan keluarga untuk mengembangkan kebiasaan harian yang berkaitan dengan makan makanan sehat, aktivitas fisik yang sering, atau tidur cukup, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan pada anak.

Apakah Teman Sehat setuju dengan artikel ini? Yuk, sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

 

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *