Ternyata, Terlalu Banyak Minum Air Lemon Bisa Sebabkan Ini!

air lemon

Halo Teman Sehat! Adakah Teman Sehat di sini yang suka minum air lemon?

Ya, meski masam rasanya, khasiat luar biasa yang terkandung dalam segelas air lemon membuat minuman ini banyak dikonsumsi orang.

Banyak yang percaya kalau minum air lemon di pagi hari bisa membuat tubuh menjadi langsing, bahkan seleb internasional sekaliber Gwyneth Paltrow, Jennifer Aniston, dan Claudia Schiffer juga menjadikan minum air lemon sebagai kebiasaan rutin.

Yang pasti, meminum minuman asam saat pagi hari sebelum perut terisi dengan makanan lainnya itu sangat ngga dianjurkan ya Teman Sehat! Selain ngga baik buat saluran pencernaan, khususnya lambung, ada hal lain yang wajib kamu perhatikan.

Pengikisan gigi

Ya, menurut Professor Damien Walmsley, dari British Dental Association, semakin tinggi kadar asam dalam makanan atau minuman, maka semakin berisiko-lah gigi kita mengalami pengikisan. Pengikisan ini akan semakin cepat terjadi kalau minuman asam tersebut disajikan dengan air panas.

Sudah banyak loh pakar dan penelitian yang membuktikan hal ini. Menurut ahli, segelas jus lemon punya pH antara 2 sampai 3, yang berarti memiliki kadar asam yang cukup tinggi.

Ngga cuma kadar asam nih, suhu air juga ikut berperan terhadap pengeroposan gigi, semakin tingi suhu air, maka proses pengikisan akan semakin cepat. Nah, perkara pengiksian gigi akibat kandungan asam ini pun disetujui penuh oleh Dr Nigel Carter, pimpinan dari British Dental Health Foundation, yang membuktikan kalau air lemon bisa membuat lapisan gigi terkikis.

Air lemon memang jenis minuman yang sehat dan bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing, terutama buat para perempuan. Tapi Teman sehat semua tentu tau kalau sesuatu yang berlebihan itu selalu punya efek yang kurang baik. Termasuk minuman ini!

Mengonsumsi air lemon terlalu sering akan membuat enamel gigi semakin menipis dan berujung pada pengeroposan gigi akibat kadar asam yang terlalu tinggi.

Lalu, gimana dong cara menghindarinya?

Tenang, ahli menyarankan kita untuk menggunakan sedotan saat minum minuman berasam tinggi seperti air lemon ini.

Bagaimana, cukup solutif kan? Share yuk biar Teman Sehat yang lain pada tau. (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *