Yuk, Cegah Kanker Serviks dengan Gizi!

Teman Sehat pasti udah tau kalau penyanyi dangdut “Belah Duren” dan pemeran utama wanita terpuji 2013, Julia Perez, telah meninggal dunia pada 10 Juni 2017 lalu. Kepergiannya telah meramaikan media mendiskusikan seluk-beluk kanker serviks, pencegahan, sampai terapi penanganannya.

cegah kanker serviks

Pencegahan yang sering diperbincangkan adalah tentang menjaga kebersihan organ intim, menghindari aktivitas seksual usia muda dan gonta-ganti pasangan, menghindari merokok, meningkatkan imunitas, dan pemeriksaan serviks.

Tapi, belum ada yang mendiskusikan tentang peran gizi dalam pecegahan kanker serviks. Nah, sebagai Nutrisionist dan Guru Besar Ilmu Gizi, saya ingin berbagi dengan Teman Sehat tentang peran gizi dalam pencegahan kanker serviks. Yuk simak!

Dari sekian banyak zat gizi,  karotenoids ternyata terbukti bisa mencegah kanker serviks, Teman Sehat.

Karotenoids bisa mengurangi 40% resiko kanker serviks stadium awal.

Kesimpulan ini didasarkan pada bukti yang kuat dan meyakinkan dari suatu kajian gabungan (meta analisis) yang  dilakukan pada 13 penelitian terdahulu oleh  Zhang dkk (2012) dari School of Public Health, Shandong University, China.

Apa itu karetenoids?

Karotenoids adalah komponen vitamin A dari tanaman yang menimbulkan pigmen warna kuning, oranye, merah, dan hijau pada tanaman. Karotenoids bermanfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh. Ada ratusan jenis karotenoids, tapi yang utama bagi tubuh adalah beta-carotene, lycopene, lutein, and zeaxanthin.

Vitamin C dan B9 yang banyak terkandung dalam buah segar, vitamin E yang banyak terkandung dalam dalam sayur dan kacang, juga turut mencegah kanker serviks.

Bagaimana tubuh bisa mendapatkan karotenoids?

Tubuh bisa mendapat karetenoids dengan cara yang gampang, Teman Sehat! Caranya, cukup dengan mengonsumsi sayur, buah, umbi, dan kacang yang berwarna-warni setiap hari, terutama warna kuning, oranye, merah dan hijau.

Buat kamu yang ingin mencegah kanker serviks, makanlah sekitar 300-400 gram sayur dan 200-300 gram buah dengan aneka warna-warna itu setiap hari. Kamu juga akan mendapat manfaat lain, misalnya lancar buang air besar, kulit jadi halus, radikal bebas teratasi, plus normalnya kolesterol dan tekanan darah.

Eits, tapi jangan lupa…

Tentunya mengonsumsi makanan sumber karetonoids tersebut juga perlu disertai dengan sumber karbohidrat, lauk pauk, dan minum air putih yang aman, serta   membatasi asupan gula, garam dan lemak, serta menerapakan pola hidup sehat, hindari merokok dan minum alkohol.

Kalau  kamu perempuan dan udah menstruasi, maka cegahlah kanker serviks mulai sekarang. Nah, pencegahan dari sisi gizi adalah dengan mengonsumsi sayur, buah, umbi dan kacang yang beraneka berwarna, segar, dan bebas pestisida. Gampang kan, Teman Sehat? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *