Perhatikan Protokol Kesehatan pada 5 Tempat ini!

Teman Sehat, beberapa daerah di Indonesia telah memutuskan pelonggaran PSBB. Pelonggaran ini bisa dilakukan dengan catatan masyarakat harus disiplin menjalani protokol kesehatan di manapun tempatnya. Nah kira- kira bagaimana ya, panduan pelaksanaan new normal yang benar? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

1. Di luar rumah

Hal yang perlu diingat saat kamu ke luar rumah adalah pastikan dalam kondisi sehat. Kamu ngga mengalami gelaja batuk, demam, ataupun flu. Jangan lupa selalu meggunakan masker kain. Ingat ya, penggunaan masker kain ini harus selalu dalam keadaan bersih. Selain itu starter pack new normal untuk di perjalanan jangan sampai ketinggalan, ya!

2. Di transportasi umum

Selama perjalanan, usahakan menggunakan transportasi pribadi. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, maka hal yang perlu diingat adalah hindari berdesak-desakan. Jaga jarak antar penumpang minimal 1 meter. Hindari menyentuh fasilitas umum, jika ngga sengaja maupun terpaksa gunakan hand sanitizer sesudahnya.

Lebih disarankan melakukan pembayaran secara non tunai. Jika terpaksa menggunakan uang cash, jangan lupa gunakan hand sanitizer sesudahnya, ya! Ingat ya, penggunaannya hanya pada waktu genting saja, saat kamu ngga menemukan air mengalir. Setelah penggunaannya, usahakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, ya!

3. Di tempat umum dengan keramaian

Pusat keramaian merupakan salah satu tempat yang sangat beresiko adanya rantai penularan Covid 19. Oleh karena itu pengunjung yang masuk harus dibatasi untuk memudahkan physical distancing. Sebelum masuk, harus ada pengecekan suhu tubuh dan fasilitas cuci tangan yang memadai. Jangan lupa tetap menggunakan masker dan jaga jarak saat mengantri di kasir1.

4. Di tempat undangan acara

Jika kamu berniat menghadiri acara seperti pernikahan maupun keagaman, maka jangan lupa untuk selalu mengecek suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk ke tempat acara. Perhatikan pengunjung yang datang, pastikan jumlahnya ngga lebih dari 30 orang. Hindari kontak fisik dengan sesama pengunjung, seperti berjabat tangan, berpelukan dan lebih baik menjaga jarak, ya!

5. Kembali ke rumah

Sesampainya di rumah, lepas alas kaki, dan cuci tangan, jika perlu semprotkan desinfektan ke badan seperlunya. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri seperti ganti baju dan mandi.

Jika perlu bersihkan handphone, tas, dan alat-alat yang dibawa selama perjalanan pulang dengan desinfekan. Selain itu, demi menjaga kesehatan tubuh maka kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga 30 menit perhari. Jika perlu, rutin konsumsi minuman atau suplemen yang bisa membantu meningkakan daya tahan tubuh.

Itulah panduan dalam menjalankan new normal di beberapa tempat.  Buat kamu yang uda mulai beraktifitas di luar rumah, tetap disiplin melaksanankan protokol kesehatannnya, ya! Yuk, Teman Sehat, bersama sama membantu memutus penyebaran Covid 19 agar Indonesia segera terbebas dari pandemi ini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *